ADdiction

Susul Perusahaan Lain, Disney Tarik Iklan dari Facebook

Addiction.id-Jakarta. Facebook dan Instagram kembali kehilangan salah satu pengiklan terbesarnya, Disney.

Disney dilaporkan meyetop sementara iklan layanannya streamingnya, Disney Plus, dari Facebook. Demikian pula iklan layanan straming Hulu, dikutip dari The Verge, Minggu (19/7).

Sikap itu diambil Disney di tengah kekhawatiran terkait pemberlakuan platform media sosial terhadap kebijakan kontennya.

Sebagai informasi, Disney telah menggelontorkan sekitar 210 juta USD untuk iklan Disney Plus di Facebook di AS pada paruh pertama 2020. Pun menghabiskan 16 juta USD untuk iklan Hulu di Instagram pada 15 April hingga 30 Juni. Artinya, Facebook turut kehilangan sumber pendapatannya.

Lebih lanjut, Disney turut bergabung dalam kampanye #StopHateforProfit, bersama perusuhaaan lainnya seperti Honda, Ben & Jerry, dan Verizon dan sebagainya. Kampanye ini mengajak perusahaan-perusahaan lain untuk mengurangi iklan di Facebook. Kampanye ini merupakan upaya untuk mendesak Facebook mengubah cara menangani ujaran kebencian dan misinformasi pada platformnya.

Sementara itu, pada bulan lalu juru bicara Facebook mengatakan pihaknya tetap fokus pada penghapusan ujaran kebencian dan memberikan informasi pemungutan suara kritis.

(LH)

About author

Related Articles