ADdiction

Lewat Fitur Baru WhatsApp, Pengusaha Promosi Lebih Mudah

Addiction.id-Jakarta. Menyusul perusahaan lain, kini WhatsApp juga berupaya membantu para pengusaha UMKM. Layanan pesan instan ini membuat fitur terbaru berupa katalog untuk para pengusaha.

Katalog itu berfungsi sebagai etalase seluler bagi pengusaha UMKM untuk memasarkan produknya ke konsumen. Fitur ini memudahkan para calon pembeli untuk menelusuri etalase toko yang ia inginkan. Mereka bisa melihat  produk apa saja yang dijajakan lewat WhatsApp Business milik pengusaha.

Upaya tersebut dinilai perusahaan sebagai wujud kontribusi kepada Indonesia, untuk mendorong lebih banyak UMKM go digital.

Diketahui, pemerintah menargetkan hingga akhir tahun ada 10 juta unit usaha bisa memasarkan produknya secara online. Sementara, saat ini baru ada sekitar 13% unit usaha yang berhasil didorong pemerintah masuk ke marketplace.

“Komitmen kami ini juga berarti kami mendukung penuh program pemerintah terutama terkait pemulihan ekonomi dari pandemi yang kita rasakan saat ini,” tutur Karissa A. Sjawaldy, selaku Manajer Kebijakan Publik Facebook Indonesia, di acara peluncuran fitur terbaru ini, Selasa (21/07).

Selain itu, WhatsApp pun akan memberi pelatihan go digital bagi 3.500 UMKM di 12 kota di Indonesia secara gratis. Di sini, pengusaha UMKM akan dilatih beragam hal yang berkaitan dengan fitur-fitur yang ada di WhatsApp Busines.

“Pelatihan ini salah satu wujud kontribusi kami agar dapat membantu pemerintah merealisasikan target tersebut. Jadi agar semakin banyak pelaku UMKM yang fasih memanfaatkan teknologi yang ada,” lanjut Karissa.

Melalui program  WhatsApp tersebut, para peserta bisa belajar mengenai beragam topik mulaiz dari strategi promosi hingga memaksimalkan pemasaran dengan memanfaatkan WhatsApp Business.

Program itu bisa diakses melalui https://belajarukmindonesia.id/. Kegiatan pun akan dilakukan bertahap dalam waktu enam bulan. Di tiap tahap terdiri dari tiga sesi, dan setiap sesi berdurasi dua jam.

(LH)

About author

Related Articles