Transaksi di Tokopedia Meningkat di Setahun Terakhir, Ini Tren Belanjanya

Addiction.id-Jakarta Transaksi dan jumlah penjual atau seller di Tokopedia meningkat di setahun terakhir, tepatnya di periode Agustus 2021 hingga Agustus 2022.
“Kami mencatat berbagai temuan menarik berkat sejumlah inisiatif tersebut selama setahun ke belakang,” kata Rizky Juanita Azuz, External Communications Senior Lead Tokopedia, beberapa waktu lalu. “Jumlah transaksi dan penjual yang bergabung masing-masing bertumbuh 1,5 kali lipat dan hampir 2 kali lipat.”
Rizky juga mengungkapkan bahwa transaksi di “Tokopedia NOW!” meningkat hingga 2,5 kali lipat. Peningkatan juga terjadi pada jumlah transaksi “Dilayani Tokopedia”, di mana transaksi melonjak hingga lebih dari 3,5 kali lipat. Selain itu, disebutkan pula bahwa ada 10 pasar tradisional yang bergabung “13ersama Tokopedia” dan diprediksi bakal terus bertambah.
Bersamaan dengan itu, Rizky mengungkapkan tren belanja selama satu tahun ke belakang. Dikatakan bahwa kategori yang banyak diminati konsumen, di antaranya kategori Rumah Tangga, Makmin, Kesehatan, Elektronik, dan Fesyen.
Temuan lainnya, ada lima wilayah yang mengalami peningkatan jumlah penjual tertinggi, yaitu Pasangkayu, Pakpak Bharat, Banggai Kepulauan, Teluk Bintuni, dan Kepulauan Anambas. Sementara itu, lima wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi di antaranya Asmat, Halmahera, Takalar, Jeneponto dan Bantaeng. Rata-rata wilayah tersebut mengalami peningkatan sebesar 3,5 kali lipat.
Sedangkan wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi dengan rata-rata 9 kali lipat, mencakup Jayawijaya, Konawe Utara, Waropen, Paniai dan Pegunungan Bintang.
Lebih lanjut, CTO of Tokopedia Herman Widjaja menuturkan bahwa di perayaan hari jadi Tokopedia ke-13, Tokopedia berupaya menciptakan ekosistem untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan masyarakat “13ersama Tokopedia”. Upaya ini diharapkan mampu memulihkan ekonomi nasional.
“Salah satunya lewat inisiatif Hyperlocal yang menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli setempat agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh. Jadi tidak perlu pindah ke kota besar untuk menjangkau pasar,” jelas Herman.
Sebagai contoh, lanjutnya, termasuk Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. Ada pula aplikasi Mitra Tokopedia untuk membantu pemilik warung menyetok barang dagangan dan berjualan produk digital, seperti pulsa, token listrik, hingga pembayaran pajak, biaya pendidikan, hingga membayar BPJS.
Di samping itu, ada pula “Tokopedia NOW!” yang menawarkan produk dengan waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran. Lalu ada “Dilayani Tokopedia” yang memungkinkan penjual menitipkan produk di ‘gudang pintar’ pada wilayah dengan permintaan tinggi, serta “Digitalisasi Pasar Tradisional” yang bekerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah.
Lebih jauh lagi, Tokopedia bakal menghadirkan “Promo Ultah Tokopedia Semua Serba Murah” di sepanjang bulan Agustus. Promo itu mulai dari Serbu Official Store (SOS) pada 13—24 Agustus 2022 dengan cashback hingga Rp1,3 juta dan Waktu Indonesia Belanja (WIB) dengan flash sale mulai dari Rp130.