Semua Shorts YouTube Bakal Diberi Watermark

Addiction.id-Jakarta YouTube selalu tahu kalau ada pengguna yang me-repost video dari YouTube Shorts. Sekarang ini, YouTube ingin dikreditkan atau video dari platformnya ditandai.

Dilansir dari The Verge (19/8), perwakilan dari YouTube mengatakan bahwa perusahaan akan menambahkan watermark ke video Shorts jika kreator konten mengunduhnya. Diketahui, biasanya sejumlah kreator konten membuat video di suatu aplikasi, lalu mengunduh video, dan me-repost klip tersebut ke platform lain. Mengenai hal ini, YouTube menjelaskan mengapa menambahkan watermark.

“Kami telah menambahkan watermark ke Shorts yang Anda unduh sehingga pemirsa Anda bisa melihat bahwa konten yang Anda bagikan di seluruh platform bsia ditemukan di YouTube Shorts,” jelas perusahaan.

Sebagai informasi, belakangan ini, semua platform video pendek berupaya mengatasi masalah praktik berbagi konten lintas platform dengan berbagai cara. Contohnya, video TikTok yang diunduh telah lama berisi watermark dan nama pembuatnya, sehingga pemirsa bisa dengan mudah membuka aplikasi untuk menemukan video aslinya.

Sementara itu, bukan rahasia lagi bahwa banyak kreator konten di Reels Instagram me-repost konten mereka dari TikTok; bukannya membuat konten asli. Tahun lalu, Instagram mengatakan tak akan mempromosikan Reels yang memiliki watermark TikTok. Lalu pada April, Instagram melangkah lebih jauh, mengatakan akan mengubah algoritmenya untuk memberi preferensi pada “konten asli”.

YouTube telah mendorong Shorts sejak meluncurkannya pada 2020. Perusahaan bahkan menganggarkan $100 juta (sekitar Rp 1,4 triliun) untuk dibagikan kepada kreator konten Shorts.

Watermark Shorts akan diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan untuk platform di desktop dan diperluas ke seluler dalam beberapa bulan mendatang, menurut postingan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :