Targetkan Ibu Muda, Sekitar.id Tawarkan Quick Commerce

Addiction.id-Jakarta Sejak lulus kuliah di 2014, Nasrul Fatah berpindah kerja hingga lima kali. Pria asal Jawa Tengah ini pernah bekerja di bawah perusahaan XL, Sale Stock, Bukalapak, Tokopedia, dan Bhinneka. Kini ia memutuskan tak ingin terus-terusan jadi pegawai. Ia ingin memiliki perusahaan rintisan atau startup, yang kemudian disebut Sekitar.id.

Adapun pendirian startup-nya dilatarbelakangi oleh situasi hari ini, di mana pengiriman barang dari pembelian secara online cukup memakan waktu. “Saya melihat kalau membeli barang secara online selama ini masih butuh waktu berhari atau berjam-jam untuk menerimanya dan ongkos kirimnya mahal. Kenapa tidak dalam hitungan menit, mungkinkah?” tutur pria kelahiran 1991 ini, dikutip pada Minggu (15/8).

Nasrul kemudian melihat hal itu sebagai peluang untuk merintis aplikasi Sekitar.id. Aplikasi ini menawarkan solusi kepada mereka yang ingin berbelanja kebutuhan harian dengan mudah dan cepat atau quick commerce.

“Sasaran utamanya adalah warga di pemukiman, khususnya kalangan ibu-ibu muda yang biasanya masih direpotkan dengan mengasuh anak. Lewat aplikasi Sekitar.id, para Mahmud Abas (Mamah Muda Anak Baru Satu) tak perlu repot datang ke toko untuk belanja,” terang Nasrul.

Dengan Sekitar.id, pembeli bisa mencari produk dari toko-toko terdekat, memesannya, dan kemudian kurir akan mengirimnya dalam waktu maksimal 20 menit. Hal ini membuat pembeli tak harus terjebak macet dan tak perlu mengantre saat belanja. Sebab Sekitar.id memungkinkan proses belanja jadi lebih mudah dan nyaman.

Perihal investornya, Nasrul mengaku mendapat Rp200 juta dari pendiri Bukalapak Achmad Zaky untuk mengembangkan Sekitar.id. Sekitar.id sendiri sudah diluncurkan pada Maret 2022, dengan kawasan Bintaro sebagai proyek percontohan. Animo masyarakat, menurut Nasrul, cukup menjanjikan. Sampai Juni ini, sudah ada 50 ribu yang mengunduh aplikasi dan 10 ribu user aktif.

Sekitar.id sudah masuk pemukiman di Graha Raya, Serpong Utara. Perusahaan ini turut bekerja sama dengan ratusan toko, serta menyediakan toko sendiri bernama SekitarFresh. Ke depannya, akan hadir di kawasan Kemang dan Pondok Indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :