Sempat Mau Bermitra, Facebook dan Apple Malah Berselisih Perihal Iklan

Addiction.id-Jakarta Beberapa tahun belakangan ini, Facebook dan Apple berselisih. Pada 2020 lalu, Apple mengumumkan di WWDC bahwa iOS memungkinkan penggunanya memilih untuk bersedia atau tidak menjalankan pelacakan iklan lintas aplikasi. Merespons pengumuman itu, Facebook menentangnya. Facebook memprediksi bahwa pendapatannya bakal tak stabil karena fitur Apple itu. Namun, Apple tetap merilis fitur tersebut di iOS 14.5 pada April 2021.

Meski begitu, laporan terbaru dari The Wall Street Journal menunjukkan bahwa sebelum berselisih, Facebook dan Apple sedang menjalankan kemitraan. Bahkan membuat perjanjian pembagian pendapatan.

Menurut Journal, Apple dan Facebook sedang mempertimbangkan layanan berlangganan yang menawarkan versi platform bebas iklan. Mengingat Apple mendapat komisi dari pembelian dalam aplikasi, termasuk langganan, bermitra dengan Facebook akan sangat menguntungkan Apple.

Pengaturan lain yang dibahas dan akhirnya menjadi titik pertikaian adalah Apple ingin mengambil komisi dari “boosted post” atau postingan yang dipacu—yang pada dasarnya sama dengan membayar untuk menempatkan posting di depan audiens yang besar. Adapun Facebook telah lama mempertimbangkan “boosted post” sebagai bagian dari portofolio iklannya, di mana pebisnis kecil bisa menggunakannya untuk menjangkau lebih banyak audiens. Masalah ini muncul dari pihak Apple dengan mengatakan “boosted post” harus dipertimbangkan pula untuk pembelian dalam aplikasi. Apple akan mengambil 30% dari pendapatan yang didapat perusahaan. Facebook, di sisi lain, menyatakan bahwa itu adalah produk iklan yang tidak patuh pada pengaturan komisi Apple.

Sejak Apple meluncurkan perubahannya pada April 2021, firma riset Insider Intelligence mengatakan  bahwa 37% pengguna iPhone memilih untuk mengizinkan perusahaan melacak aktivitas mereka di seluruh aplikasi. Perubahan ini juga membuat pendapatan Facebook (kini Meta) menyusut secara signifikan—dan kuartal terakhir, Meta melaporkan penurunan pendapatan pertama dalam sejarah perusahaan. Dilaporkan bahwa diskusi antara Facebook dan Apple itu terjadi antara 2016 dan 2018. Apple kini melakukan yang terbaik untuk memposisikan dirinya sebagai pembela privasi, dan Meta sedang sibuk mencoba membuat Metaverse menjadi sesuatu. Saat ini, iklan adalah satu-satunya cara penting Meta menghasilkan pendapatan. Sehingga Meta harus terus menyesuaikan diri dengan dunia di mana perlindungan pelacakan aplikasi iOS adalah hal yang dimanfaatkan sebagian besar pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :