Winamp Segera Kembali!

Addiction.id-Jakarta Software musik Winamp tak mati begitu saja. Dilansir dari Engadget (4/8), pengembang Winamp baru saja merilis pembaruan pertama platform MP3 klasik ini. Pembaruan ini bahkan disebut sebagai puncak dari kerja keras pengembang dalam beberapa tahun terakhir.  

Software ini memiliki sejarah panjang. Winamp sempat sangat populer di awal 2000-an, di mana pada saat itu sedang tren pengunduhan musik MP3. Winamp saat itu menjadi rumah bagi semua MP3 yang didapat dari toko digital dan aplikasi peer-to-peer. Winamp dikenal dengan tampilan antarmuka dan visualisator yang mudah disesuaikan.

Perusahaan yang menaungi Winamp, AOL, menghentikan pengembangan Winamp pada 2013. Ini dilakukan karena Winamp kalah saing dari platform streaming musik seperti Spotify. Kemudian di 2014, Radionomy membeli Winamp dan berencana mengembangkan platform agar bisa merambah ke musik online. Tim dari Radionomy baru-baru ini berjanji akan menghadirkan pengalaman baru termasuk fitur podcast dan radio, serta koneksi yang lebih dekat dengan artis.

Kembalinya Winamp tak akan menghidupkan kembali “semangat” digital di awal 2000-an. Apalagi saat ini plarform streaming musik mendominasi. Orang-orang pastinya lebih sering mendengarkan musik di ponsel atau speaker pintar daripada di PC. Namun, jika platform jadul seperti Winamp begitu mendalam terkenang di hati penggunanya, maka kemungkinan besar nostalgia ini akan disambut baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :