Kominfo: Pemblokiran PSE Bisa Terjadi Lagi

Kominfo Pemblokiran PSE Bisa Terjadi Lagi

Addiction.id-Jakarta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mangatakan bahwa pemblokiran terhadap Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) bisa terjadi lagi di masa mendatang.

Sebelumnya, pada Rabu (3/8) lalu, Kominfo mengumumkan telah memblokir situs game online bermuatan perjudian seperti Domino Qiu Qiu, Topfun, Pop Domino, Ludo Dream, dan Pop Gaple.

“Ini (pemblokiran) bukan yang terakhir… Perlu diketahui, ruang digital berkembang sangat dinamis dan cepat. Kominfo mempunyai cyber drone yang sebelumnya hanya membaca secara alfabet, kini dengan surveillance system yang baru bisa membaca secara numerical,” ujar Johnny, belum lama ini.

Johnny menjelaskan bahwa apabila sudah bisa membaca alfabet dan numerical, maka tidaklah sulit  akan sulit untuk daftar kembali ke ruang digital. “Sehingga proses pemblokiran akan kejar-kejaran dengan proses yang baru, entah itu berupa situs maupun sarana online lainnya,” sambungnya.

Sebelum memblokir game yang disebutkan tadi, Kominfo kecolongan mengizinkan usaha mereka karena mendaftar sebagai PSE Lingkup Privat. Hal ini menjadikan game bermuatan judi itu legal dan sejajar dengan PSE seperti Gojek, Facebook, Instagram, WhatsApp, hingga Netflix. Setelah Kominfo melakukan evaluasi, akhirnya situs game tadi diblokir. “Namun setelah dilakukan verifikasi, klasifikasi, dan klarifikasi, berpotensi mengandung aktivitas perjudian, telah dilakukan pemutusan akses sejak Selasa (2/8),” ungkap Johnny.

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :