Kominfo Buka Blokir PayPal untuk Sementara

Addiction.id-Jakarta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuka sementara akses PayPal pada Minggu (31/7) ini. Sebelumnya, pemblokiran PayPal didera protes lantaran masyarakat Indonesia yang menggunakan aplikasi tersebut tak bisa mengakses uangnya, dan tak lagi bisa melakukan transaksi antarnegara.

Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan bahwa pembukaan blokir itu dilakukan setelah Kominfo mendapat masukan dari masyarakat, terutama pengguna PayPal.

“Untuk itu, kami menerapkan kebijakan baru kami membuka sementara per jam 8 tadi pagi tadi, mungkin sekarang sudah bisa diakses kembali, paling lambat nanti jam 10,” ungkap Semuel, Minggu (31/7).

Semuel menambahkan bahwa blokir PayPal dibuka hingga lima hari kerja ke depan. Ia berharap waktu ini digunakan untuk memigrasi dana dari PayPal.

“Kami membuka (blokir)untuk memberi kesempatan masyarakat untuk melakukan migrasi agar uangnya tidak hilang. Karena sampai saat ini kami belum berhasil menghubungi PayPal,” tandasnya.

Sebagai informasi, PayPal merupakan satu dari delapan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) populer di Indonesia yang belum mendaftarkan usahanya ke Kominfo hingga tenggat waktu 29 Juli 2022 pukul 23.59 WIB. Maka dari itu, PayPal diblokir. Di samping PayPal, masih ada sejumlah PSE populer yang bernasib sama, antara lain: Steam, Dota, dan CS-GO.

Adapun aturan itu sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, serta Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Perihal tiga PSE game yang disebutkan sebelumnya, Kominfo mengungkapkan bahwa mereka berkomitmen untuk mendaftar PSE dan sekarang sedang memproses pendaftarannya. “Mereka sudah berhasil menghubungi kita, jadi sekarang sudah terjadi korespodensi, antara Steam, Dota 2, dan CS: GO. Mereka sudah menyatakan sedang memproses,” lanjut Semuel. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, mereka sudah bisa melengkapi dan juga masyarakat yang pengguna layanan game ini, sudah bisa segera dapat menggunakan kembali,” tambah dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :