IMF Revisi Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global

Addiction.id-Jakarta International Monetary Fund (IMF) merevisi prospek ekonomi dunia pada tahun ini dan tahun depan. IMF melihat prospek ekonomi lebih suram dan tidak pasti. Oleh karenanya, pertumbuhan ekonomi global diproyeksikan lambat.

Di 2022 ini, IMF memperkirakan ekonomi dunia akan tumbuh 3,2%, dikutip dari dari CNBC, Rabu (27/7). Pertumbuhan ini melambat di 2023 menjadi 2,9%. Kedua prediksi ini menurun, dengan masing-masing turun 0,4% dan 0,7% dari proyeksi yang dikeluarkan pada April lalu.

Penurunan proyeksi ini menunjukkan jika risiko yang diperkirakan sebelumnya kini terjadi. Beberapa di antaranya ialah inflasi global yang melonjak, perlambatan di China hingga dampak perang di Ukraina yang berkelanjutan.

“Pemulihan tentatif pada tahun 2021 telah diikuti oleh perkembangan yang semakin suram pada tahun 2022,” kata laporan itu.

“Sejumlah polemik menghantam ekonomi dunia yang sudah melemah akibat pandemi: inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan di seluruh dunia—terutama di Amerika Serikat dan Eropa—memicu kondisi keuangan yang lebih ketat; perlambatan yang lebih buruk dari yang diantisipasi di Cina, yang mencerminkan wabah dan lockdown COVID19; dan dampak negatif lebih lanjut dari perang di Ukraina,” lanjut laporan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :