Video dengan Musik Berlisensi di Facebook Kini Bisa Dimonetisasi

Addiction.id-Jakarta Meta baru saja merilis “Music Revenue Sharing” di Facebook pada Senin, 25 Juli 2022, lapor TechCrunch. Fitur ini memungkinkan kreator konten menggunakan musik berlisensi di dalam video mereka, dan memperoleh bagian dari pendapatan iklan in-stream. Menurut Meta, ini menjadi cara baru bagi kreator konten dan pemilik hak musik untuk memperoleh pendapatan.

Sebelumnya, kreator konten bisa menggunakan musik berlisensi dalam video, namun mereka tak bisa memonetisasinya.

Dengan pembaruan fitur, setiap kali kreator konten menggunakan musik berlisensi dalam video mereka di Facebook yang berdurasi 60 detik atau lebih, mereka bisa memperoleh uang dari video tersebut melalui iklan in-stream. Kreator konten akan menerima 20%, dengan bagian terpisah diberikan kepada pemegang hak dan Meta. Namun, Meta tak merinci persentase untuknya dan pemegang saham. 

Meta menambahkan bahwa Facebook Reels tak memenuhi syarat untuk monetisasi melalui “Music Revenue Sharing” saat ini. Namun, ada kemungkinan “Music Revenue Sharing” hadir di Reels di masa mendatang.

Untuk memperoleh “Music Revenue Sharing”, kreator konten harus memenuhi syarat untuk iklan in-stream dan memenuhi standar kelayakan monetisasi Facebook. Lagu unggulan yang digunakan dalam video juga harus menjadi bagian dari perpustakaan “Licensed Music” dan memenuhi syarat “Music Revenue Sharing”. Lagu yang memenuhi syarat termasuk lagu-lagu populer seperti Post Malone, Tove Lo, Grupo La Cumbia, Leah Kate dan Bicep. Terakhir, Meta mencatat bahwa harus ada komponen visual dalam video, dan musik berlisensi itu tak bisa menjadi tujuan utama video.

Konten kreator bisa memastikan lagu yang memenuhi syarat untuk “Music Revenue Sharing” dengan mengakses koleksi “Licensed Music” dalam “Creator Studio”.

Setelah mengupload video ke Facebook, pengguna akan melihat notifikasi di “Creator Studio” dan “Support Inbox” yang memberi tahu bahwa lagu tersebut memenuhi syarat untuk bagi hasil. Pengguna akan menerima notifikasi yang mengonfirmasi bahwa video menghasilkan dan membagikan pendapatan. Kreator konten bisa memantau progres ini di “Creator Studio”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :