Pertumbuhan Industri Gaming di Asia Tenggara Sangat Cepat

Addiction.id-Jakarta Gaming menjadi salah satu industri yang pertumbuhannya paling cepat di dunia. Ini tak terlepas dari penggunaan perangkat untuk gaming itu sendiri. Perihal perangkat, ponsel gaming-lah yang pertumbuhannya tercepat, terutama di Asia Tenggara.

Pertumbuhan angka pengapalan ponsel pintar atau smartphone juga menjadi salah satu faktor yang berkontribusi pada perkembangan gaming. Indonesia, Thailand, Filipina, Malaysia, dan Vietnam menjadi negara dengan angka pengapalan smartphone tertinggi di Asia Tenggara. Angka pengapalan di negara-negara tersebut pada 2021 bahkan sudah membaik ke titik saat sebelum pandemi terjadi yakni 2019.

Smartphone gaming terus mengalami peningkatan permintaan. Di kuartal empat 2021, smartphone gaming mengalami peningkatan hingga 270% secara tahunan. Menurut analis Counterpoint Research Glen Cardoza, saat ini ada lebih dari 102 juta gamer smartphone aktif di lima negara utama Asia Tenggara, dan jumlah ini pasti akan meningkat di tahun-tahun mendatang.

Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Singapura merupakan lima negara di Asia Tenggara dengan pertumbuhan mobile gaming yang paling signifikan. Basis konsumen gamer meningkat begitu cepat di kawasan ini dalam dua tahun terakhir.

Berdasarkan laporan dari Counterpoint Research, ada sejumlah faktor yang menyebabkan pertumbuhan industri gaming di kawasan Asia Tenggara. Pertama karena adanya investasi dalam penetrasi internet, terutama di kota-kota Tier 2 dan Tier 3. Lalu saat ini ada peningkatan fokus pada pertumbuhan dan adopsi infrastruktur 5G.

Ketiga, permintaan smartphone terus meningkat, terutama smartphone gaming. Keempat, bermain game menjadi cara untuk menghabiskan waktu di rumah selama pembatasan sosial dan lockdown.

Selanjutnya, bermain game bisa menjadi cara untuk mengalihkan diri dari karut-marut persoalan ekonomi makro seperti inflasi, dampak COVID-19 yang berkelanjutan, situasi perang di Eropa, dan lain sebagainya.

Keenam, adanya perluasan pilihan genre game seperti strategi, menembak, dan e-sports di berbagai platform—dari seluler, PC, konsol, bahkan televisi. Terakhir, tersedianya banyak jenis game—mulai dari game kasual hingga game berat yang rumit, sehingga memungkinkan pemain menjadi pro-gamer berpenghasilan penuh waktu. Sejumlah negara di kawasan ini bahkan turut mempromosikan turnamen game internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :