Kategori Belanjaan Ini Jadi Tren Terkini

Addiction.id-Jakarta Tokopedia mencatat kenaikan transaksi di kanal video streaming Tokopedia Play. itu, perusahaan juga membeberkan tren belanja di semester I tahun 2022 ini.
Untuk diketahui, melalui Tokopedia Play, masyarakat bisa menikmati berbagai tayangan seru, termasuk live shopping, olahraga, memasak, dan sebagainya. Cara ini bisa dimanfaatkan oleh para penjual untuk hal-hal seperti promosi, membangun brand awareness, meningkatkan engagement toko dan penjualan, sehingga menarik bagi calon pembeli.
“Pada kuartal II 2022 terjadi peningkatan transaksi lewat Tokopedia Play sebesar hampir 1,5 kali lipat jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya,” ungkap Head of Content Marketing Platform Affiliate and Play, Nirmala Rahmawati Hapsari, Selasa (19/7).
Sementara itu, Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menungkapkan tren belanja terkini. Ia menyebutkan bahwa kategori rumah tangga, makanan dan minuman, fesyen, kesehatan dan elektronik adalah kategori yang paling banyak dibeli.
“Inisiatif ini merupakan upaya kami untuk terus relevan dengan kebutuhan dan perilaku masyarakat di era social commerce, di mana masyarakat cenderung mencari informasi atau inspirasi sambil berbelanja atau sebaliknya,” tambah Nirmala.
Pada semester 1 tahun 2022, produk kecantikan, kesehatan, perawatan tubuh, makanan dan minuman, juga rumah tangga menjadi kategori yang paling laris melalui Tokopedia Play.
Selain itu, Tokopedia juga mencatat, wilayah dengan peningkatan transaksi antarpulau paling tinggi selama semester 1 terjadi antara Sulawesi-Papua, Papua-Jawa serta Papua-Bali dan NTT. Sementara beberapa wilayah dengan peningkatan transaksi paling tinggi pada semester I 2022, terjadi di Pegunungan Bintang, Humbang Hasundutan, Jayawijaya, Takalar hingga Keerom.
Berangkat dari itu, Tokopedia ingin menghadirkan berbagai inisiatif untuk kemudahan berbelanja, salah satunya adalah Hyperlocal. Inisiatif ini mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat. Sehingga belanja produk kebutuhan harian bisa lebih efisien karena ongkir lebih terjangkau dan pegiat usaha lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.
Melalui inisiatif Hyperlocal, Tokopedia mencatat wilayah Asmat, Tual, Jeneponto, Takalar dan Bantaeng menjadi wilayah yang mengalami peningkatan jumlah pembeli paling tinggi, di Tokopedia selama semester I 2022, dibandingkan semester II 2021.