Tingginya Konsumsi dan Transaksi Online Mendorong Kelahiran Super App

Addiction.id-Jakarta Saat ini sudah ada banyak platform digital yang berkembang menjadi super app. Adapun yang dimaksud super app ialah satu platform yang menawarkan berbagai macam layanan dalam satu aplikasi.

Adapun contoh platform yang kini menjadi super app yaitu marketplace Tokopedia, yang kini juga menawarkan layanan investasi reksa dana melalui Bareksa yang diawasi oleh OJK. Teranyar, ada Allo Bank yang akan menggabungkan layanan perbankan, portal berita, hingga toko ritel di bawah CT Corp.

Menurut Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda, pola konsumsi beralih dari offline ke online mendorong hadirnya super app.

“Masyarakat cenderung memilih transaksi online via e-commerce, dan ini lebih tinggi dibandingkan sebelum 2020,” katanya, dikutip Selasa (27/6). Ia menambahkan bahwa hal serupa juga terjadi pada konsumsi layanan perbankan, “di mana orang saat ini lebih banyak bertransaksi via mobile banking, online banking, mobile apps dibandingkan dengan datang ke cabang, ATM, ataupun menelpon CS.”

Kondisi tersebut, lanjutnya, mendorong lahirnya super app. “Makanya muncul istilah super app, di mana kebutuhan layanan digital masyarakat dipenuhi hanya oleh satu aplikasi. Dengan semakin berkembangnya ekosistem digital kehadiran super app pasti akan semakin banyak. Potensinya sangat besar sekali memang untuk ke depan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :