Bantu Promosikan Konten Kanal, YouTube Shorts Kini Punya 1,5 Miliar Pengguna Bulanan

Addiction.id-Jakarta YouTube melaporkan bahwa fitur Shorts-nya kini memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna bulanan aktif (monthly active users/MAU).

Format video pendek tampaknya membantu promosi video YouTube konvensional. Anak usaha Google ini mengatakan bahwa kanal yang mengunggah video pendek dan panjang sekaligus merasakan peningkatan penonton, ketimbang kanal yang hanya mengunggah video berdurasi panjang. Melihat hal ini, YouTube menganggapnya sebagai cerminan pengguna hari ini, di mana ada kecenderungan untuk menonton berbagai konten pada waktu dan tempat yang berbeda. Pengguna mungkin menonton Shorts selama perjalanan, namun bakal menonton video yang lebih panjang saat istirahat makan siang.

Statistik itu menunjukkan bahwa Shorts merupakan pesaing berat TikTok dan Instagram Stories. Statistik ini juga bisa meyakinkan konten kreator yang meragukan apakah Shorts bisa menghasilkan uang. Namun demikian, laporan statistik ini rilis ketika adanya pembaruan sebaliknya di platform pesaing. Diketahui, Instagram kini memiliki opsi untuk menonton video yang lebih panjang, sementara TikTok baru-baru ini memperpanjang durasi maksimumnya menjadi 10 menit. Jadi, bisa dikatakan format video apa pun di YouTube tak lagi unik.

Dengan demikian, promosi YouTube untuk angka pengguna bulanan juga menunjukkan prioritas yang berbeda. YouTube menilai Shorts sebagai cara untuk meningkatkan engagement video berdurasi panjang kreator konten. Sementara Instagram dan TikTok menjadikan video berdurasi panjang sebagai opsi baru kreator konten yang biasanya fokus membikin video pendek. YouTube tidak bertekad untuk mengungguli pesaing, sebab perusahaan hanya merasa perlu menunjukkan bahwa Shorts cukup populer untuk mengembangkan kanal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :