TikTok Disebut Bakal Lebih Unggul dari Facebook 

Addiction.id-Jakarta Facebook tak mau kalah dari TikTok. Facebook saat ini memperbarui berbagai aplikasinya agar lebih mirip dengan TikTok. Sementara itu, TikTok sendiri tak ada rencana menyamai Facebook.

Presiden solusi bisnis global TikTok Blake Chandlee mempertegas perbedaan antara kedua perusahaan, dilansir dari CNBC, Minggu (19/6). “Facebook adalah platform sosial. Mereka telah membangun semua algoritme mereka berdasarkan grafik sosial. Itu adalah inti mereka. Kami tidak demikian,” jelasnya. “Kami adalah platform hiburan … Perbedaannya signifikan. Ini adalah perbedaan besar.”

Adapun yang dimaksud dengan grafik sosial oleh Chandlee adalah data yang melacak hubungan antarindividu yang dihasilkan oleh perusahaan seperti Facebook untuk memetakan hubungan pengguna.

Sebelum pindah ke TikTok pada 2019, Chandlee merupakan eksekutif di Facebook selama 12 tahun dan ia memimpin kemitraan global Facebook. Chandlee mengatakan bahwa pengalamannya di Facebook, terutama menavigasi persaingan dengan jejaring sosial Google+, menunjukkan bahwa TikTok akan menang dalam persaingan saat ini.

“Seiring jalannya waktu, menjadi jelas bahwa Google+ akan gagal karena nilai Google adalah pencarian dan Facebook sangat bagus dalam hal sosial,” terang Chandlee.

 “Saya melihat hal yang sama sekarang… Kami hebat dalam apa yang kami lakukan. Kami menghadirkan tren budaya ini dan pengalaman unik yang dimiliki orang-orang di TikTok. Mereka tidak akan memilikinya di Facebook, kecuali jika Facebook benar-benar meninggalkan nilai-nilai jejaring sosialnya—yang menurut saya tidak akan berhasil,” lanjut dia.

Kendati TikTok tidak berfokus pada koneksi sosial antarpengguna, TikTok tak benar-benar mengabaikannya. Sejauh ini, TikTok juga meminta izin untuk mendapat akses ke buku kontak, dan memanfaatkannya agar pengguna betah di aplikasi. Dengan menyadari TikTok sebagai aplikasi hiburan ketimbang aplikasi sosial, Facebook mungkin bisa menghindari sejumlah masalah yang mungkin baru dan merepotkan akibat menyamai TikTok.

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :