Mayoritas UMKM Sudah Jualan Online

Addiction.id-Jakarta Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkapkan bahwa sudah ada 87,43% UMKM yang menggunakan internet untuk menjual produk secara online. APJII pun kemudian membeberkan e-commerce mana yang menjadi favorit UMKM untuk jualan online.

APJII menemukan UMKM yang menjalankan usaha secara online banyak memanfaatkan internet untuk memasarkan produknya secara luas. Lalu didapati bahwa 44,66% responden merasakan manfaat online bahkan mengaku ketergantungan, sangat tergantung 41,39%, tidak tergantung 13,51%, dan sangat tidak tergantung itu 0,44%.

Selain itu, survei APJII juga menunjukkan bahwa mayoritas UMKM memakai Shopee (39,3%). Lalu disusul oleh Tokopedia (24,38%), Lazada (14,93%), OLX (5,47%), Bukalapak (4,98%), BliBli (1,49%), Akulaku (0,5%), dan lainnya.

Meski begitu, tercatat bahwa baru 26,58% UMKM yang sudah memiliki akun di e-commerce, sementara 73,42% tak punya akun.

Selain e-commerce, UMKM juga menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk/jasa mereka.

Lebih lanjut, selama berjualan online, UMKM tak bergantung pada jaringan seluler. Mereka lebih memilih jaringan fixed broadband. Tercatat bahwa ada 63,18% yang menggunakan fixed broadband dan 36,82% yang menggunakan seluler.

Adapun fixed broadband yang dipakai antara lain IndiHome sebanyak 80,34%. Lalu diikuti Bali Fiber 5,17%, Biznet 3,10%, First Media 3,10%, MNC Vision 2,76%, dan yang menjawab tidak tahu/tidak mau menjawab 5,52%.

Sementara itu, ada 12,57% UMKM yang tidak menggunakan internet untuk jualan. Adapun mereka ini mayoritas beralasan bahwa penjualan produk/jasa dinilai sudah cukup baik sampai urusan teknis, seperti tidak memiliki komputer/gadget, tidak tahu cara mengakses layanan internet, hingga tidak ada sinyal internet di wilayah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :