iPrice Laporkan E-Commerce Mana yang Jadi Favorit di Asia Tenggara

Addiction.id-Jakarta Ada 40 juta orang yang menggunakan internet di Asia Tenggara pada 2021 lalu, dan 80% di antaranya memiliki pengalaman berbelanja online. Hal ini sebagaimana laporan e-Conomy Asia Tenggara yang dirilis oleh Google.

Berangkat dari itu, iPrice kembali membeberkan hasil temuannya terkait Peta E-Commerce Indonesia. Kali ini yang diamati adalah data di kuartal pertama di 2022. Mereka ingin mengetahui perkembangan e-commerce berdasarkan rataan total kunjungan website—baik di desktop maupun web seluler.

Kemudian didapati bahwa e-commerce asal Singapura Shopee masih menonjol di pasar e-commerce Asia Tenggara pada kuartal pertama 2022. Shopee menjadi situs e-commerce yang paling banyak dikunjungi di 5 dari 6 negara Asia Tenggara yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam. Adapun total kunjungannya mencapai 421 juta pengunjung di awal 2022 ini.

Pesaing terkuat Shopee di Asia Tenggara adalah Lazada dengan total kunjungan mencapai 137 juta pengunjung. Perusahaan e-commerce yang didukung Alibaba ini berhasil menduduki peringkat kedua di Singapura, Thailand, dan Filipina, keempat di Vietnam, dan ketiga di Indonesia juga Malaysia.

Khusus di Indonesia, e-commerce dengan jumlah pengunjung website tertinggi masih diduduki oleh Tokopedia. Total kunjungan e-commerce ini mencapai 157 juta orang di kuartal pertama 2022. Adapun e-commerce asal Indonesia ini menjadi satu-satunya e-commerce lokal yang memiliki pengunjung website lokal terbanyak di Asia Tenggara, menyaingi Shopee dan Lazada.

Dari keenam negara yang telah dianalisis oleh tim iPrice, setidaknya ada satu sampai tiga pemain lokal masuk ke lima peringkat teratas e-commerce yang paling banyak dikunjungi di masing-masing negara.

Lebih lanjut, hasil riset iPrice juga menunjukkan bahwa Singapura menjadi negara dengan pangsa e-commerce lokal terbanyak, yaitu mencapai 98% dari keseluruhan e-commerce di Asia Tenggara. Tak heran demikian, sebab negara ini memiliki dua perusahaan unicorn, Shopee dan Lazada, yang saat ini memimpin pangsa pasar e-commerce di area tersebut.

Posisi kedua diduduki oleh Vietnam dengan pangsa e-commerce lokal mencapai 60%. Lalu Indonesia ada di posisi ketiga dengan pangsa e-commerce lokal sebesar 54% dan diikuti oleh Malaysia (25%), Thailand (15%) dan Filipina (1%).

Meski pangsa e-commerce internasional lebih dominan di Malaysia, Thailand, dan Filipina, jumlah e-commerce lokal di ketiga negara tersebut justru lebih banyak dari jumlah e-commerce internasionalnya. Namun, skala e-commerce lokal yang lebih kecil menyebabkan pangsa internasional lebih diminati.

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :