Pelonggaran PPKM Hingga Ramadan Bikin Penjualan Eceran Meningkat di Maret 2022

Addiction.id-Jakarta Penjualan bisnis eceran atau ritel meningkat, lapor Bank Indonesia (BI). Tercatat bahwa Indeks Penjualan Riil (IPR) Maret 2022 sebesar 204,0, atau secara bulanan tumbuh 2,0% dari bulan ke bulan (month to month/mtm). Peningkatan ini terjadi seiring meningkatnya permintaan barang, longgarnya PPKM di masa pandemi COVID-19, dan juga bertepatan dengan bulan Ramadan.

Adapun peningkatan itu terjadi pada sebagian besar kelompok, terutama pada kelompok sandang, suku cadang dan aksesori, barang budaya, dan rekreasi serta makanan, minuman dan tembakau.

“Secara tahunan, penjualan eceran Maret 2022 diprakirakan tetap tumbuh, yaitu sebesar 8,6% year on year (yoy), atau lebih rendah dari 12,9% yoy pada Februari 2022,” sambung Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono, menyinggung soal pertumbuhan secara tahunan, dikutip Senin (11/4).

Sebelumnya, di periode Februari 2022, hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) mengindikasikan kinerja penjualan eceran tetap kuat. Terbukti bahwa IPR Februari yang tercatat sebesar 200,0, atau tetap tumbuh sebesar 12,9% yoy.

“Kelompok yang tercatat tetap tumbuh kuat antara lain makanan, minuman dan tembakau, serta bahan bakar kendaraan bermotor. Secara bulanan, kinerja penjualan eceran tercatat turun -4,5% mtm, dari -3,1 mtm pada bulan sebelumnya. Penurunan terjadi pada mayoritas kelompok komoditas, terutama pada kelompok suku cadang dan aksesori, barang budaya dan rekreasi, serta bahan bakar kendaraan bermotor,” terang Erwin.

Sementara itu, perihal harga, tekanan inflasi pada Mei dan Agustus 2022 diprakirakan meningkat. Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) Mei diprakirakan mencapai 141,3, lebih tinggi dibandingkan 139,1. Prakiraan ini sejalan dengan pola historis kenaikan harga saat Hari Besar Keagamaan Nasional Idulfitri. Sementara itu, IEH Agustus juga diprakirakan meningkat menjadi 132,4 dari 129,8.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :