Pengguna Facebook Bisa Unggah Reels dari Aplikasi Pihak Ketiga

Addiction.id-Jakarta Facebook punya cara baru supaya para penggunanya membuat konten orisinil di Reels.  Perusahaan memperkenalkan fitur “sharing to Reels”, yang memungkinkan pengguna aplikasi pihak ketiga mengunggah ke Reels Facebook secara langsung.

Pembaruan tersebut memungkinkan pengembang luar—yakni pemilik aplikasi pihak ketiga—untuk menambahkan tombol “Reels” ke aplikasi mereka. Dengan begitu, jelas Facebook, pengguna aplikasi tersebut bisa langsung mengunggah klik langsung ke Reels, sekaligus memanfaatkan alat pengeditan Reels. Adapun pengembang luar yang kedapatan pembaruan ini pertama kali adalah Smule, yang membuat aplikasi karaoke populer, dan aplikasi pengeditan video Vita dan VivaVideo.

Langkah itu menunjukkan bahwa Reels semakin penting, dan untuk mengembangkannya, Facebook pun turut mengikuti pedoman yang sama dengan Stories. Facebook sendiri telah mendorong penggunaan Reels ke hampir setiap bagian dari layanannya dalam beberapa bulan terakhir ini. Usaha tersebut pernah dilakukan ketika perusahaan mengembangkan Stories. Kini, seiring dengan berpalingnya pengguna Facebook ke TikTok, CEO Meta Mark Zuckerberg bertaruh banyak pada  Reels. Dia pernah mengatakan bahwa Reels akan “sama pentingnya dengan produk kami lainnya, seperti Stories.” Ia pun menekankan reorientasi layanannya untuk menarik pengguna yang lebih muda.

Sekadar informasi, memberi insentif kepada pengguna yang mengunggah konten orisinil menjadi tantangan bagi perusahaan. Hal ini mengingat banyak pengguna yang mengunggah ulang video dengan watermark TikTok. Pada tahun lalu, Instagram menegaskan akan berhenti mempromosikan video dengan watermark aplikasi lain. Namun, rupanya platform masih menampilkan video dengan watermark TikTok.  Sementara itu, menambahkan tombol “Reels” ke aplikasi pihak ketiga tidak mungkin menyelesaikannya maslah itu dalam semalam. Tetapi, paling tidak, bisa membantu menghadirkan beberapa klip baru yang bukan dari TikTok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :