MarkPlus, Inc Gelar WOW Brand Festive Day 2022

Addiction.id-Jakarta MarkPlus, Inc menggelar WOW Brand Festive Day 2022 untuk para pemasar, dengan tema “Branding in the Endemic Year”. Pemenang festival ini kemudian diumumkan secara virtual pada 23 Maret 2022. Untuk diketahui, MarkPlus, Inc sendiri merupakan perusahaan penyedia jasa konsultasi, riset, edukasi, dan acara pemasaran.

Founder dan Chairman MarkPlus, Inc Hermawan Kartajaya mengatakan pihaknya ingin mengapresiasi brand-brand yang paling direkomendasikan oleh masyarakat melalui festival tersebut. Adapun penghargaan itu diberikan berdasarkan riset yang dilakukan terhadap sekitar 4.000 responden di sejumlah kota besar, pada periode Januari hingga Februari 2022.  

Untuk diketahui, riset tersebut mengacu pada aspek 5A yang diperkenalkan oleh Bapak Pemasaran Modern, Prof. Philip Kotler. Adapun 5A yang dimaksud yaitu awareness, appealing, asking, act, dan advocate. Kelima aspek ini kemudian diukur dengan metode Brand Advocacy Ratio (BAR) dan Purchase Action Ratio (PAR).

Singkatnya, BAR merupakan pengukuran bagaimana brand bisa mengubah awareness menjadi advocate. Semakin tinggi nilai BAR, semakin baik pula reputasi yang dimiliki oleh brand tersebut. Sementara itu, PAR merupakan pengukuran yang membandingkan antara konsumen yang mengenal merek dan yang membeli. Semakin tinggi nilai PAR, maka semakin mudah produk terjual.

“Di era media sosial kita memang harus dapat melihat seberapa besar konsumen dapat merekomendasikan atau advocate brand milik kita. Selain BAR, ada pula PAR, yaitu pengukuran yang membandingkan antara konsumen yang mengenal suatu brand dan membeli brand. Rumus keduanya pun telah digunakan di luar negeri seperti Vietnam, Malaysia, dan Jepang,” jelas Hermawan.

Berdasarkan pengukuran itu, kemudian didapati bahwa ada 300 brand yang direkomendasikan oleh konsumen, yang kemudian dikelompokkan dalam 100 kategori.

Adapun sejumlah pemenang festival itu antara lain BPJS Kesehatan (Kategori Health Insurance), Canon (Kategori Printer), Bibit.id (Kategori Aplikasi Investasi), detikcom (Kategori News Website), hingga Daya Auto (Kategori Auto Service Platform. Selain itu, festival ini juga memberi penghargaan Markplus WOW Brand Lifetime Achievement Award 2022 kepada Adji Watono, karena mampu mempertahankan eksistensinya dalam membuat banyak brand lokal menjadi tuan rumah di dalam negeri, menurut Hermawan.

Lebih lanjut, Hermawan mengatakan bahwa saat ini Indonesia memasuki masa recovery di mana, pemerintah ingin mendorong peningkatan investasi di Indonesia.”Karena itu, para pelaku binis harus bisa mengambil momentum dengan melakukan investasi untuk memajukan usahanya. Sehingga di 2025 pemilik brand di Indonesia bisa melakukan ekspor lebih besar dan jadi lebih banyak dikenal lagi di luar negeri,” pungkas dia.

Ia juga menuturkan bahwa para pemilik brand perlu memiliki jiwa kewirausahaan atau entrepreneurship untuk mengembangkan brand. Menurutnya, ada tiga hal yang harus diperhatikan, yakni opportunity seeker, risk taker, dan collaboration.

Opportunity seeker artinya pemilik brand harus bisa mengambil kesempatan yang ada dengan cepat. Sedangkan, risk taker menilai pemilik brand harus berani mengambil risiko untuk memperkuat brand. Terakhir, collaboration yaitu brand juga perlu kolaborasi dengan berbagai pemain lainnya untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :