Pengguna Punya Opsi Bagaimana Feed Instagram Ditampilkan

Addiction.id-Jakarta Instagram kembali menyajikan feed secara kronologis, setelah menampilkan feed berdasarkan algoritme selama lebih dari lima tahun. Kini perubahan tersebut diluncurkan secara global ke semua pengguna.

Meski begitu, feed kronologis ini tidak aktif secara default—yang artinya, pengguna tak bisa menghindari feed algoritmik secara sepenuhnya. Sebagai gantinya, pengguna kini bisa berpindah di antara tiga versi: feed “home” algoritmik, yang tetap menjadi default; feed “following”, yang menyajikan feed secara kronologis; dan “favorit” yang menampilkan hingga 50 akun favorit. Pengguna bisa berpindah di antara ketiganya dengan mengetuk menu “dropdown” baru di sudut kiri atas aplikasi.

Pada Juni lalu, Instagram merinci cara kerja algoritme peringkatnya. Melalui laman blog, CEO Instagram Adam Mosseri menulis bahwa pada saat Instagram beralih dari feed kronologis pada 2016, “pengguna kehilangan 70% dari semua posting mereka di Feed, termasuk hampir setengah dari posting dari teman dekat mereka.”

Sementara itu, dengan meluncurkan versi feed sekarang, Instagram bisa mengatasi keluhan tentang pendekatan baru yang dipenuhi rekomendasi, dan mengklaim bahwa itu menawarkan “pilihan” kepada pengguna tentang bagaimana feed disajikan.

Sekadar informasi, algoritme memang telah menjadi topik yang sulit bagi Instagram, mengingat mereka harus diawasi secara ketat atas dampaknya terhadap kesehatan mental remaja. Secara khusus, cara aplikasi memberi peringkat dan menyarankan konten kepada pengguna muda telah mendapat sorotan dari anggota parlemen, di mana beberapa di antaranya telah mengusulkan undang-undang untuk mengatur algoritme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :