Ingin Kembali Populer, Winamp Jual NFT

Addiction.id-Jakarta Winamp kini merambah ke non fungible token (NFT). Platform pemutar musik yang sempat populer di awal 2000-an ini menjual skin asli-nya sebagai NFT di OpenSea. Tampilan grafisnya akan dijual mulai 16 Mei dan penawarannya berlangsung hingga 22 Mei.

Selain itu, Winamp juga mengadakan sayembara desain Winamp untuk para seniman. Karya para seniman ini akan dijual melalui NFT, bersamaan dengan penjualan tampilan perdana Winamp di OpenSea.

“Kirimkan desain turunan skin Winamp kalian. Tim Winamp akan mengecek setiap cryptoArt yang dikirimkan, dan 20 turunannya akan dipilih untuk dijual sebagai NFT Winamp,” ujar Winamp melalui lamannya resminya.

Lebih lanjut, Winamp mengatakan bahwa dua puluh cryptoArt yang terpilih akan digandakan sekitar 100 kali untuk membuat total NFT-nya berjumlah 1997—seperti tahun peluncuran Winamp. Masing-masing item NFT ini akan dihargai 0,08 ETH, yang kira-kira bernilai USD225 pada tingkat konversi saat ini. Jadi jika 1997 NFT terjual, nilainya hampir USD450 ribu (sekitar Rp6,4 miliar).

Hasil penjualan itu akan disalurkan ke Winamp Foundation. Seluruh dana ini akan  digunakan untuk membantu berbagai lembaga nirlaba, termasuk yang bergerak di bidang musik.

Winamp mengatakan penjualan NFT itu menjadi salah satu upaya untuk kembali memopulerkan nama Winamp di mata global, sekaligus bagian dari program amal rutin mereka. Pun termasuk dukungan pada perkembangan teknologi digital dan dunia blockchain yang sedang berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :