“Tag” Baru di Instagram Bisa Tampilkan Detail Kolaborator

Addiction.id-Jakarta Instagram kini menghadirkan opsi “tag” baru yang akan menampilkan lebih banyak detail tentang seseorang. Detail ini bisa membantu memberi kredit saat melakukan kolaborasi. “Tag” ini akan menunjukkan peran kolaborator—seperti fotografer, artis, penulis, dan lainnya—yang mengerjakan konten, namun tak selalu terlihat kecuali disebutkan oleh pembuat unggahan.

Saat mengumumkan fitur itu, Instagram mengakui bahwa banyak kolaborator yang membantu pembuatan konten.

“Bagi banyak kreator berkulit hitam dan kurang terwakili, pemberian kredit adalah pintu masuk untuk membangun karier yang berkelanjutan sebagai kreator, sambil memerangi apropriasi budaya, dan memastikan dunia tahu siapa yang mendorong budaya,” kata Instagram, dikutip dari The Verge.

Instagram menyarankan fitur tersebut digunakan untuk menyorot konten kreator di balik layar—yang terkadang tak diketahui atau tak diakui, seperti penata rias atau penulis lagu.

“Tag” baru itu menjadi cara yang lebih resmi untuk menampilkan siapa kolaborator konten kreator—yang sebelumnya sudah menjadi kebiasaan untuk ditampilkan. Pengguna Instagram telah menemukan beberapa metode DIY untuk mengkredit orang-orang yang terlibat dalam pembuatan konten. Beberapa pengguna menentukan peran dalam keterangan unggahan, dan menandai kolaborator di sana. Sementara itu, ada pula yang menandainya langsung pada foto atau video yang diunggah. Pengguna kini bisa menandai kolaborator saat mengunggah konten dengan menandai akun, dan mengetuk “tampilkan kategori profil” untuk menampilkan peran mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :