YouTube Beri “Hibah” ke Podcaster untuk Bikin Video

YouTube tampaknya ingin bersaing dengan platform podcast raksasa seperti Amazon, Apple, dan Spotify. Menurut laporan Bloomberg, YouTube akan menawarkan “hibah” kepada podcaster untuk memproduksi video, termasuk versi film dari podcast mereka. Podcaster individu akan menerima $50.000 (sekitar Rp719 juta), sementara jaringan podcast akan menerima $200.000 atau $300.000 (sekitar Rp2,8 miliar atau Rp 4,3 miliar).

Sejauh ini, YouTube memang sudah menjadi wadah bagi sejumlah podcaster. Namun, perusahaan ini belum merambah ke konten podcast secara serius seperti Spotify dan platform lain yang berfokus pada audio. Adapun baru-baru ini, salah satu eksekutif YouTube, Kai Chuk, mengatakan bahwa dirinya akan memimpin strategi posdcasting YouTube.

Selain itu, belum lama ini, YouTube juga berhenti mewajibkan pengguna Premium berbayar di Kanada ketika ingin memutar audio di latar belakang perangkat. Sejumlah strategi YouTube ini bisa ditebak, mengingat Amazon, Apple, dan Spotify menjadi wadah penting bagi konten kreator yang ingin membuat acara.

Adapun dengan memberi “hibah,” ini tak menjamin bahwa konten YouTube jadi eksklusif. Hal yang pasti, YouTube akan memberi lebih banyak insentif kepada kreator konten untuk membuat podcast di platform. Melihat konten yang kemungkinan lebih kaya, penggemar juga kemungkinan besar jadi lebih mempertimbangkan YouTube. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :