Google Luncurkan Kampanye #YukBukaSuara

Addiction.id-Jakarta Internasional Women’s Day jatuh pada 8 Maret ini. Dalam menyambut momen ini, Google menunjukkan sikap untuk mendukung kesetaraan gender melalui kampanye #YukBukaSuara.

#YukBukaSuara merupakan inisiatif Google untuk menginspirasi perempuan Indonesia, terutama perempuan muda, untuk memahami perbedaan antara stereotip dengan fakta, persepsi dengan kenyataan, suara masyarakat dengan suara yang ada di dalam diri sendiri. Dengan mengajukan pertanyaan ke Google, platform akan menyajikan pengetahuan yang menginspirasi dan membuka dunia yang baru.

Menurut laporan Google terkait ‘Towards Gender Equity Online’ yang dilakukan di di tujuh negara berkembang, termasuk Indonesia, ditemukan banyak hal yang menghambat perempuan untuk menikmati manfaat internet.

Google menunjukkan bahwa masih banyak perempuan kesulitan menemukan konten yang relevan di internet. Belum lagi, jumlah figur perempuan inspiratif yang sesuai dengan norma dan budaya lokal di internet masih sedikit. Oleh karenanya, perempuan sulit mengajukan pertanyaan yang penting dan sensitif—misalnya terkait ‘bagaimana menjadi ibu yang baik’ atau ‘kesehatan reproduksi’.

Selain itu, secara fisik, perempuan kerap mengalami pembatasan akses ke internet lantaran anggota keluarga khawatir terhadap paparan konten tertentu.

“Karena dari itu, Google mengusung #YukBukaSuara berkolaborasi dengan banyak rekan,” ungkap Feliciana Wienathan Communications Manager Google Indonesia, di ‘Virtual Press Briefing bersama #YukBukaSuara,’ dikutip Senin (7/3).

Lebih lanjut, Google berkomitmen memajukan perempuan Indonesia dengan berbagai upaya, salah satunya membuat video yang menginspirasi dan melawan stereotip. Selain itu, Google juga berkolaborasi dengan berbagai komunitas sehingga perempuan bisa punya suara. Pun mendorong terciptanya akses untuk memberdayakan perempuan.

Adapun bagi Indonesia, ketidaksetaraan gender bisa menganggu negara untuk berkembang, mengganggu pemberantasan kemiskinan, dan tak memungkinkan pemerintahan yang efektif.

“Di International Women’s Day ini, kami ingin mengingatkan dan memberdayakan perempuan Indonesia untuk menunjukkan diri mereka sendiri dengan mencari identitas dan suara mereka, untuk mengungkapkannya melalui inisiatif yang disebut #YukBukaSuara,” ungkap Fida Heyder Head of Consumer Apps Marketing Google Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :