Netflix Akuisisi Pengembang Game Besar

Addiction.id-Jakarta Netflix berencana mengakuisisi Next Games, yaitu developer game berbasis di Finlandia yang mengembangkan game teka-teki “Stranger Things: Puzzle Tales.”

Melalui laman resminya, Wakil Kepala Game Netflix Mike Verdu mengatakan bahwa akuisisi itu dilakukan untuk membantu perusahaan membangun “library game” yang hebat bagi pelanggan.

Akuisisi ini dilakukan saat Netflix membangun layanan game seluler untuk layanan berlangganannya. Pada tahun lalu, Netflix meluncurkan sejumlah game di iOS dan Android, dan game seluler ini tersedia di toko aplikasi dan bisa diunduh secara gratis oleh pelanggan Netflix. Game bisa dimainkan tanpa iklan atau pembelian dalam aplikasi.

“Sementara kami baru memulai game, saya yakin bahwa bersama dengan Next Games, kami ke depannya bisa membangun portofolio game kelas dunia yang membuat pelanggan di seluruh dunia senang,” tulis Verdu, dikutip dari Engadget.

Sejauh ini, sudah ada banyak judul game dari Netflix yang telah dikembangkan oleh mitra eksternal. Dua game dibuat berdasarkan series Stranger Things, yaitu “Stranger Things: 1984” dan “Stranger Things 3: The Game.” Netflix juga telah melisensikan game “Asphalt Xtreme” untuk ditawarkan secara eksklusif kepada pelanggannya. Adapun dengan mengakuisisi Next Games dan Night School Studio—pada tahun lalu, tampaknya Netflix ingin mengembangkan lebih banyak game.

Menurut TechCrunch, akuisisi bukanlah hal biasa bagi Netflix. Adapun pengakuisisian Next Games dilakukan setelah Microsoft dan Sony melakukan akuisisi developer besar, yang juga ingin membangun layanan game.

Sekadar informasi, Netflix berencana mengakuisisi Next Games dengan nilai €65 juta (sekitar Rp1 triliun), dan dewan direksi Next Games telah merekomendasikan agar pemegang saham menerima tawaran tersebut. Penawaran tersebut setara dengan €2,1 (sekitar Rp33 ribu) per saham, yang menurut catatan Reuters lebih dari dua kali lipat dari harga penutupan €0,93 kemarin (sekitar Rp14 ribu). Perusahaan berharap transaksi selesai pada kuartal kedua 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :