Facebook Reels Hadir Secara Global dengan Lebih Banyak Iklan

Addiction.id-Jakarta Meta baru saja meluncurkan fitur Reels di Facebook untuk pengguna iOS dan Android di seluruh dunia. Selain itu, perusahaan juga menambahkan alat pengeditan baru dan memperluas opsi iklan, dilansir dari The Verge.
Pengguna Facebook Reels nantinya bisa “me-remix” video orang lain dan mengunggah klip berdurasi hingga 60 detik, sama seperti dengan Instagram Reels. Pengguna juga bisa menyimpannya di draf jika mau. Kemudian dalam beberapa bulan mendatang, dan Meta akan menambahkan alat kliping video baru “yang akan memudahkan konten kreator yang mengunggah live video atau video berdurasi panjang untuk mencoba format yang berbeda.”
Meta pun menambahkan lebih banyak iklan yang bisa dimonetisasi dari Facebook Reels—tentunya, akan ada lebih banyak iklan. Nantinya akan ada dua format baru: iklan spanduk yang muncul “di bagian bawah Reel Facebook” dan iklan stiker statis “yang bisa ditempatkan di bagian Reels mana saja oleh konten kreator.” Perusahaan juga akan memberi akses penempatan iklan otomatisnya ke semua konten kreator di “hampir semua negara tempat iklan in-stream tersedia,” serta meluncurkan Stars (cara bagi penggemar untuk memberi donasi kepada konten kreator).
Meta menambahkan bahwa dalam beberapa minggu mendatang, pengguna akan bisa berbagi Reel di lebih banyak tempat di Facebook, termasuk di Stories dan tab Watch.
Sebagai catatan, meskipun perusahaan bisa mengkloning beberapa fitur semacam itu dari saingannya, TikTok, kemampuannya untuk menantang format video pendek TikTok belum bisa dipastikan. Meta juga belum bersedia membagikan data baru terkait keberhasilan Reels di platformnya seperti Instagram.