Cara Dongkrak Bisnis dengan Andalkan SEO

Addiction.id-Jakarta Saat ini Search Engine Optimization (SEO) sangat diandalkan untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencarian. Oleh karena itu, dalam bisnis, SEO bisa membantu menarik banyak calon konsumen serta meningkatkan transaksi bisnis.

Berangkat dari hal itu, Tokopedia menyebutkan bahwa SEO bisa dimanfaatkan oleh UMKM lokal untuk meningkatkan penjualan dan memperluas bisnis. Pasalnya, produk yang dijual jadi bisa lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen di mesin pencarian.

SEO Senior Lead Tokopedia, Frans Fernando, membeberkan lima tips SEO yang bisa dimanfaatkan oleh UMKM. Pertama, pastikan penulisan nama produk sesuai dengan produk yang dijual agar calon konsumen bisa mencarinya.

Lalu yang kedua, perhatikan penulisan deskripsi produk. Pelaku usaha disarankan menggunakan kata kunci yang relevan untuk menarik calon konsumen, dan memungkinkan produk mudah dicari.  

“Pegiat usaha bisa menggunakan fitur ‘Wawasan Pasar’ di Tokopedia untuk mencari kata kunci produk yang sering dicari calon konsumen. Misalnya untuk produk Sambal, kata kunci yang relevan, contoh: Sambal Matah, Sambal Dabu-Dabu, dan Sambal Bawang,” sambung Frans, dikutip Selasa (22/2).

Selain itu, cantumkan tautan akun toko Tokopedia pada situs atau media sosial yang dikelola untuk meningkatkan jumlah pengunjung. “Keduanya juga produk juga akan mengoptimalkan performa SEO,” imbuh Frans.

Hal yang tak kalah penting, visual produk seperti gambar atau foto juga harus jual—mengingat konsumen akan memerhatikannya. Hal ini juga membantu meningkatkan jumlah pengunjung.

“Gunakan foto yang jelas, jernih, dan menarik agar konsumen terpikat untuk melihat produk Anda,” ujarnya. Semakin banyak jumlah pengunjung, maka urutan rating toko di mesin pencarian semakin positif.

Kemudian kata kunci juga tak kalah penting untuk mengoptimalkan SEO. Namun, pastikan kata kunci relevan dengan produk yang dijual. Ini akan memudahkan calon konsumen menemukan barang yang lebih spesifik. Adapun cara menamai produk yang baik yaitu dengan mencantumkan jenis produk, merek, dan keterangan (model/pola, tipe atau warna). Misalnya ‘Mukena Wanita (merek) Merah Ukuran M.’

Lebih lanjut, Frans mengatakan bahwa Tokopedia akan terus mendorong perkembangan para UMKM lokal guna mencapai pemerataan ekonomi digital, khususnya di masa pandemi COVID-19. “Tokopedia ke depannya akan #SelaluAdaSelaluBisa mendorong kemajuan para pegiat usaha lokal, khususnya UMKM, lewat pemanfaatan teknologi agar bisa #BangkitBersama di tengah pandemi dan meraja di negeri sendiri,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :