Instagram Ubah Batas Waktu Penggunaan

Addiction.id-Jakarta Instagram kini mengubah sejumlah opsi batas waktu penggunaan platformnya, dan meminta pengguna untuk memperbarui aplikasi. Sebelumnya, opsi paling rendah ialah lima menit sehari. Kini opsi paling rendah ialah 30 menit sehari.

Secara rinci, The Verge melaporkan pada Selasa (22/2/22) bahwa opsi yang tersedia saat ini adalah 30 menit, 45 menit, satu jam, dua jam, dan tiga jam.

Adapun pengguna Instagram yang sebelumnya menetapkan batas waktu, misalnya, 10 menit sehari akan melihat popup di bagian atas feed. Popup ini berisikan imbauan untuk menetapkan batas waktu baru sesuai pembaruan aplikasi. Kendati popup ini menyebutkan pengguna bisa mempertahankan batas waktu yang lama jika mau, sejatinya mereka hanya bisa memilih opsi paling rendah yakni 30 menit sehari.

Sebagai informasi, Instagram mulai memperkenalkan opsi batas waktu harian pada 2018. Opsi ini sejatinya diluncurkan sebagai respons terhadap kritik yang diterima perusahaan, terkait efek produk mereka terhadap kesejahteraan pengguna. Perusahaan mengatakan bahwa pihaknya ingin waktu yang bisa digunakan di platform bisa digunakan lebih baik.

“Kami ingin memungkinkan pengguna untuk memutuskan seberapa banyak waktu yang ingin dihabiskan di platform,” sambung Ameet Ranadive, pemimpin tim kesejahteraan pengguna di Instagram.

Untuk diketahui, perubahan pada batas waktu harian ini dibuat tak lama setelah Instagram memperkenalkan fitur “Take a Break”, yang memungkinkan pengguna mendapat pengingat berkala jika mereka terlalu lama menggunakan aplikasi.

Tampaknya perubahan ini bertentangan dengan komitmen perusahaan, yang ingin memberi pengguna kontrol yang lebih. Pada November, ketika fitur ” Take a Break” sedang dalam pengujian, CEO Instagram Adam Mosseri menekankan bahwa “Anda tahu apa yang terbaik untuk Anda dalam menggunakan aplikasi.”

Batas waktu yang sedikit lebih lama mungkin tidak menjadi masalah bagi kebanyakan orang di Instagram. Namun, ini menjadi tanda bahwa Instagram takut pengguna menghabiskan waktu lebih sedikit di platformnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :