Penjualan Ponsel 5G di Indonesia Bakal Naik

Addiction.id-Jakarta Peluncuran ponsel 5G semakin marak di tahun ini. Hal ini diproyeksikan akan meningkatkan penjualan ponsel 5G di Indonesia hingga dua kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2021.  

“Kalau milihat awal tahun dari tipe smartphone yang diluncurkan semakin banyak yang mendukung 5G, saya perkirakan (penjualan ponsel) setidaknya akan menjadi dua kali lipat di tahun 2022,” ungkap pengamat gawai Lucky Sebastian, Kamis (17/2).

Sebelumnya, International Data Corporation (IDC) mengatakan bahwa pada 2021, pertumbuhan ponsel 5G di Indonesia ada di kisaran 7% dari total penjualan. Jika prediksi Lucky benar, artinya pangsa pasar ponsel 5G di Indonesia meningkat menjadi 14%.

Untuk diketahui, dukungan 5G tak hanya tersedia untuk ponsel di kelas premium, tetapi juga tersedia di ponsel kelas menengah dan model harga terjangkau. Berangkat dari hal ini, Lucky memprediksi adopsi 5G bisa lima kali lebih cepat, jika dibanding saat peralihan dari 3G ke 4G.

“Sekarang salah satu pilihan dari pembeli smartphone adalah ketersediaan kemampuan untuk berjalan di jaringan 5G. Walaupun di daerah mereka 5G belum ada, tetapi mereka ingin bersiap-siap,” kata Lucky. Lucky menilai penjualan ponsel akan mengalami peningkatan seiring meluasnya cakupan 5G. “Sehingga pada satu titik, semua smartphone akan memiliki kemampuan berjalan di jaringan 5G, seperti sekarang ini semua smartphone yang tersedia di pasaran sudah 4G LTE,” sambungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :