Tencent Akuisisi Ponsel Milik Xiaomi Demi Metaverse

Addiction.id-Jakarta Tencent dilaporkan mengakuisisi brand ponsel gaming Black Shark. Langkah ini diambil oleh raksasa teknologi asal Cina tersebut untuk mengembangkan metaverse.  

Berbagai sumber mengatakan bahwa Tencent sudah memulai proses pembicaraan untuk membeli Black Shark dan sudah mendekati deal, lapor Bloomberg, Rabu (12/1).

Untuk diketahui, Black Shark sendiri merupakan vendor ponsel gaming yang didirikan pada 2017. Saat ini Black Shark juga disokong oleh raksasa teknologi Cina lainnya yaitu Xiaomi, yang menjadi pemegang saham terbesar Black Shark dengan persentase 46,4%.

Setelah proses akuisisi selesai, bisnis Black Shark akan bertransformasi. Jika laporan pengakuisisian Black Shark oleh Tencent benar, maka bisnis Black Shark akan merambah teknologi dan perangkat terkait virtual reality (VR). Jadi, konten software untuk VR akan disediakan oleh Tencent, sementara Black Shark menyediakan perangkat kerasnya, seperti headset VR.

Seb agaimana telah diketahui, mengembangkan hardware khusus seperti headset merupakan salah satu kunci untuk mewujudkan metaverse. Contohnya Facebook (kini Meta) saat mengakuisisi Oculus pada 2014, dan ByteDance yang mengakuisisi Pico, produsen headset VR asal Cina pada tahun lalu.

Presiden Tencent Martin Lau ingin mewujudkan metaverse yang menurutnya merupakan kesempatan besar. Namun, ia mengakui konsep ini mungkin akan memakan waktu lama untuk diwujudkan menjadi nyata.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :