Twitter Bikin Fitur Reaksi Tweet, Mirip TikTok

Addiction.id-Jakarta Twitter mengumumkan pihaknya sedang menguji fitur yang disebut “quote tweet with reaction,” di mana pengguna bisa menyalin tweet menjadi foto atau video. Jadi, bukan hanya membalas dengan teks.

Twitter mengatakan bahwa fitur tersebut saat ini sedang diuji di iOS. Jika pengguna punya akses ke fitur tersebut, menu retweet akan memiliki tombol “quote tweet with reaction”. Saat tombol dipilih, pengguna akan diarahkan untuk mengambil foto atau video secara langsung atau dari galeri, lalu bisa menyematkan tweet di atasnya.

Fitur ini mirip dengan balasan video TikTok, yang baru-baru ini diikuti Instagram untuk fitur Reels-nya. Twitter sendiri juga telah menambahkan cara baru untuk berbagi tweet—pada Desember 2020, di mana ada kemampuan untuk menyematkan tweet dalam pesan.

The Verge melaporkan bahwa fitur tersebut bisa mempermudah terjadinya pelecehan. Meskipun relatif mudah bagi platform untuk memoderasi quote tweet biasa, lebih sulit untuk memindai konten foto atau video secara terprogram. Sementara itu, ada beberap fitur Twitter lainnya yang bisa menghapus penandaan foto, atau membatasi siapa yang bisa membalas tweet pengguna.

“Saat ini Anda tidak akan bisa mematikan siapa yang bisa dan tidak bisa menggunakan fitur tersebut pada tweet Anda, karena fitur tersebut mengikuti aturan standar perusahaan,” ujar juru bicara Twitter Viviana Wiewall, dkutip dari The Verge (7/1).

“Keamanan orang-orang di Twitter adalah prioritas kami dan meskipun kami tidak mengantisipasi kemungkinan yang berbahaya, kami akan memantau penggunaan produk dengan cermat dan memastikan bahwa pelanggaran apa pun diputuskan sesuai dengan Aturan Twitter,” jelas dia.

Perusahaan juga mengumumkan bahwa mereka sedang menguji desain baru yang memungkinkan pengguna menulis tweet dari tampilan timeline utama, alih-alih menekan tombol yang layar penulisan.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :