Lewat Kampanye #IniBaruJuara, Ruangguru Dukung Inklusivitas di Pendidikan

Addiction.id-Jakarta Ruangguru baru saja meluncurkan kampanye #IniBaruJuara. Kampanye ini diharapkan bisa mendorong semangat inklusivitas. Pun menjadi ajakan kepada pemangku kepentingan di sistem pendidikan untuk mendefinisikan ulang makna prestasi.

VP Marketing Ruangguru Ignatius Untung Surapati menegaskan bahwa pendidikan harus inklusif., Ruangguru melalui kampanye #IniBaruJuara menekankan bahwa pendidikan berkualitas, tak berjarak, dan fleksibel seharusnya menjadi hak semua siswa.

“Kami mengerti bahwa kesuksesan dan prestasi memiliki keanekaragaman makna, dan senantiasa dijadikan sebagai cerminan atau refleksi nilai diri setiap pribadi,” kata Untung pada Selasa (4/1).

“Oleh karena itu, fungsi nilai akademis dan ranking seharusnya hanya sebatas tolok ukur pemahaman materi dan menjadi landasan strategi sistem pendidikan dalam mengatur program studi, dan bukan sebagai patokan penilaian kesuksesan dan standar prestasi siswa yang bersifat final,” sambungnya.

Untung juga menambahkan bahwa kampanye #IniBaruJuara juga bertujuan mengajak pelajar untuk memacu diri dalam menciptakan perubahan yang lebih baik.

“Kampanye ini turut menyoroti dan merayakan setiap pelajar dari latar belakang majemuk tanpa terkecuali, yang mau berjuang demi kemajuan sekecil apa pun, di segala kondisi dan tantangan, untuk menjadi versi diri yang lebih baik,” tutur dia.

Menurut riset Ruangguru, mayoritas dari total 360 responden meyakini bahwa pendidikan adalah kunci jaminan masa depan. Tidak terbatas pada pencapaian akademis, motivator, dan inspirasi disebut datang dari teman yang mampu menyeimbangkan kesenangan dan tanggung jawab akademis.

Riset juga menunjukkan bahwa sebagian besar responden menilai bahwa menjadi juara berarti bisa membuat perubahan dalam hidup. Di lain sisi, kebanyakan responden juga menilai bahwa sistem pendidikan kadang lebih berpihak kepada pelajar dengan ranking atas, sementara mereka lebih menyukai pendidik yang bisa merangkul semua pelajar, dan mengajar secara menyenangkan.

Duta Belajar Ruangguru Nicholas Saputra mengaku pesan kampanye #IniBaruJuara relevan dengan situasi hari ini. Ia menyadari bahwa masih ada banyak pihak mendefinisikan prestasi berdasarkan pengukuran nilai akademis saja. Akibatnya, ini membuat pelajar rentan patah semangat ketika mendapatkan nilai yang kurang baik.

“Pesan kampanye ini menegaskan pentingnya pendidikan yang inklusif untuk mencerdaskan anak bangsa. Makna belajar adalah proses pengenyaman ilmu dan keterampilan untuk menjadi versi diri yang lebih baik dari sebelumnya, oleh karena itu, seharusnya setiap pencapaian, baik besar ataupun kecil, patut diakui dan dihargai,” tutur Nicholas.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :