Daya Saing Bisnis Indonesia Meningkat

Addiction.id-Jakarta Tingkat daya saing Indonesia naik tiga peringkat dari tahun lalu, berdasarkan survei IMD World Competitiveness Ranking. Kini menjadi peringkat ke-37 dari 64 negara yang disurvei. Hal ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Dalam posisi berat 2021 kita bisa naik 3 peringkat patut disyukuri,” sambung Jokowi, dikutip Senin (3/1).

Meski begitu, posisi tersebut masih lebih rendah dari  2019 lalu. Pasalnya, Indonesia sempat turun 8 peringkat dari ranking 32 menjadi 40 dunia pada 2020 lalu.

Dari hasil survei IMD, tampak bahwa Indonesia kalah dari negara tetangga seperti Malaysia yang menempati posisi 25, Singapura di peringkat 5, dan Thailand di ranking 28 dunia.

Sementara itu, peringkat teratas masih diduduki oleh negara-negara Eropa. Didapati bahwa Swiss ada di peringkat pertama, diikuti oleh Swedia, Denmark, dan Belanda.

Selain daya saing, Jokowi menuturkan bahwa peringkat Indonesia di bidang bisnis digital juga naik tiga peringkat dari tahun lalu, menjadi peringkat ke-53.

“Di bisnis kita peringkat 37, digital bisnis 53, naik 3 peringkat semuanya,” imbuh Jokowi.

Namun demikian, masih juga kalah dari negara tetangga seperti Thailand yang ada di peringkat ke-38, Malaysia di peringkat ke-25, dan Singapura di peringkat ke-5 dunia.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :