Layanan Ponsel BlackBerry Berhenti Mulai Januari 2022

Addiction.id-Jakarta Mulai Januari mendatang, BlackBerry menghentikan sejumlah layanan utamanya, termasuk semua layanan untuk Operating System (OS) ponsel. Merek ini tak bisa bersaing di pasar.

Pesatnya perkembangan iPhone dan Android rupanya tak bisa diantisipasi oleh Blackberry, yang sempat populer lantaran layanan pesan eksklusifnya Blackberry Messenger (BBM). Meski Blackberry mengatasi hal ini dengan melisensikab merek mereka, tampaknya sudah terlambat. Jadi, tak heran bila BlackBerry menarik diri dari pasar ponsel.

Pada 2017, Blackberry berkomitmen untuk setidaknya mendukung layanan untuk Blackberry 10, dan setidaknya dua tahun menudukung akses jaringan BlackBerry pada perangkat BBOS. Namun, pada akhirnya, perusahaan mengumumkan akan menghentikan layanan utama yang mendukung perangkat selulernya pada 4 Januari 2022.

“Sebagai pengingat, layanan lawas untuk BlackBerry 7.1 OS dan versi sebelumnya, perangkat lunak BlackBerry 10, BlackBerry PlayBook OS 2.1, dan versi sebelumnya, tidak akan tersedia lagi setelah 4 Januari 2022,” tulis BlackBerry melalui laman resmi. “Mulai tanggal ini, perangkat yang menjalankan layanan dan perangkat lunak lawas ini melalui baik koneksi operator atau Wi-Fi, tidak akan lagi berfungsi dengan andal, termasuk untuk fungsi data, panggilan telepon, SMS, dan 9-1-1.”

Kendati begitu, BlackBerry sebagai perusahaan tidak akan tutup sepenuhnya. Perusahaan tetap akan beroperasi. “Saat ini BlackBerry berfokus pada penyediaan perangkat lunak dan layanan keamanan cerdas untuk perusahaan dan pemerintah di seluruh dunia,” tambah perusahaan.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :