Teknologi Ini Bisa Dongkrak Pertumbuhan Pasar Iklan Digital Indonesia

Addiction.id-Jakarta Industri periklanan terus tumbuh meski pandemi COVID-19 masih ada. Pasalnya, brand beradaptasi dengan condong ke pasar digital. Strategi ini diambil oleh brand karena mereka ingin tetap terhubung dengan konsumennya—yang merupakan pengguna media sosial dan seluler—di tengah pertumbuhan digitalisasi.

Menurut Chief Operating Officer (COO) Xapads Media Ramneek Chadha, negara berkembang bisa mengambil keuntungan dari pertumbuhan ekonomi digital, misalnya Indonesia. Sebagai salah satu pasar digital dengan pertumbuhan tercepat di ASEAN, negara ini berpeluang menjadi kekuatan ekonomi digital baru.

“Ini membuka potensi besar untuk bisnis dan unicorn lokal, serta merek global tumbuh karena negara ini adalah rumah bagi 185 juta pengguna internet,” tambah dia, dikutip Rabu (22/12).

Ramneek mengatakan Indonesia punya ekosistem startup yang dinamis. Pasar digital negara diproyeksikan tumbuh 15,3% menjadi US$763,6 miliar pada 2025, dari US$ 374,2 miliar pada 2020. “Ini jadi faktor utama bagi perusahaan asing ingin masuk ke pasar digital Indonesia,” kata dia.

Di lain sisi, pasar global yang diperkirakan akan tumbuh 15,3% akan mendorong digitalisasi di semua sektor untuk mendukung pertumbuhan bisnis di pasar pascapandemi. “Efek pandemi menyebabkan brand tertarik untuk menjangkau audiens digital agar lebih aware terhadap merek, lanjutnya.

Sebagai profesional pemasaran, Xapads menawarkan teknologi periklanan (AdTech) di hampir semua aspek periklanan agar lebih efektif dan efisien.

“Kunci platform teknologi adalah memahami kebutuhan pasar di negara berkembang. Platform AdTech kami di Xapads melihat ini sebagai kanvas untuk memberi solusi bagi ekosistem sesuai dengan kondisi saat ini. Misalnya, AdTech kami menggunakan machine learning dan artificial intelligence (kecerdasan buatan) yang bergantung pada perilaku dan demografi audiens,” jelas Ramneek.

Edo Fernando, Country Head Xapads untuk Indonesia, dan Arfanto Rahmadhani, AGM Sales Xapadas untuk Indonesia, telah memimpin perjalanan Xapads menjadi salah satu platform AdTech yang sukses di ASEAN.

 “Sekarang AdTech kami bisa menunjukkan potensinya secara utuh untuk melayani kebutuhan pasar digital dan menghadirkan solusi sehari-hari untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital dan iklan mobile di Indonesia,” ujar Ramneek.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :