Kopi Kenangan Jadi Unicorn

Addiction.id-Jakarta Kopi Kenangan kini menjadi unicorn. Dengan demikian, startup bergelar unicorn dari Indonesia bertambah, menyusul Traveloka, Bukalapak, Ovo, J&T Express, Xendit, Ajaib, dan GoTo.

Kopi Kenangan menjadi unicorn ini setelah mereka mendapat pendanaan seri C Tahap Pertama senilai USD 96 juta atau setara dengan Rp1,3 triliun. Suntikan dana segar ini dipimpin oleh Tybourne Capital Management, dengan partisipasi dari investor yang ada, termasuk Horizons Ventures, Kunlu, B Capital, dan Falcon Edge Capital.

Pencapaian Kopi Kenangan itu menjadi yang pertama bagi Indonesia dan Asia Tenggara untuk startup kategori makanan dan minuman (F&B).

“Saya sangat senang mengumumkan penggalangan dana ini yang menempatkan kami sebagai perusahaan F&B ritel baru unicorn pertama di Asia Tenggara,” tutur Co-Founder dan CEO Kopi Kenangan, Edward Tirtanata, dikutip Senin (27/12).

Ke depannya, Kopi Kenangan akan menggunakan dana segar itu memperluas merek barunya, Cerita Roti, Chigo, dan Kenangan Manis di seluruh Indonesia. Pun membangun jaringannya hingga ke pasar internasional.

Sebagai informasi, Kopi Kenangan didirikan sejak 2017 oleh Edward Tirtanata, James Pranoto, dan Cynthia Chaerunnisa. Mereka membidik pasar kopi di Indonesia antara celah kopi premium dengan kopi instan yang dijual di warkop. Nama menu Kopi Kenangan mengusung tema-tema asmara, seperti kenangan mantan.

Model ritel online dan offline baru ini telah diterima oleh konsumen. Diketahui, dalam waktu kurang dari 4 tahun Kopi Kenangan telah berkembang di 45 kota. Mereka juga telah menyajikan 40 juta cangkir kopi dalam 12 bulan terakhir dan diharapkan melayani 5,5 juta cangkir kopi pada kuartal pertama 2022.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :