Alasan TikTok Bisa Terpopuler di Dunia

Addiction.id-Jakarta TikTok baru-baru ini dinobatkan sebagai platform terpopuler dan bisa melangkahi popularitas Google dan Facebook. Melihat hal ini, pengamat budaya dan komunikasi digital tak begitu heran mengingat platform tersebut menyasar demografi yang tepat, yaitu milenial dan Gen Z.

“Keistimewaan TikTok dibanding aplikasi media sosial lainnya adalah disediakannya ruang penciptaan konten yang sesuai dengan demografinya,” ungkap pengamat budaya dan komunikasi digital dari Universitas Indonesia, Firman Kurniawan, dikutip pada Jumat (24/12).

“Demografi audiens target TikTok adalah mereka yang berusia milenial akhir, kelahiran 90-an hingga awal 2000-an—atau milenial dan Gen Z. Mereka saat ini berusia sekitar 20-30. Sehingga konten yang sesuai dengan kelompok ini adalah video,” sambung dia.

Selain targetnya tepat, TikTok juga menyediakan ruang kreasi melalui fitur-fitur yang menarik dan mudah dioperasikan.

Lebih lanjut, Firman mengatakan bahwa algritmanya TikTok ‘memaksa’ pengguna untuk menjadi se-kreatif mungkin dalam membuat konten jika kontennya ingin dilihat banyak orang. “Dalam durasi 60 detik harus mampu menciptakan daya tarik bagi pengguna lain,” ujar Firman.

“Berbeda dengan Google atau media sosial lainnya, algoritma tampilan teratas konten pada platform, ditentukan oleh akses pengguna lain. Makin sering konten diakses maka posisinya akan teratas,” sambungnya. Meski demikian, Firman menyebut bahwa algoritma TikTok masih menjadi misteri hingga saat ini.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :