Pengguna Bisa Sembunyikan Status Online dari Orang Asing, Akun Bisnis Bagaimana?

Addiction.id-Jakarta WhatsApp akan memberi opsi menyembunyikan “last seen” atau “terakhir dilihat” dari semua orang—baik yang dikenal pengguna maupun yang belum pernah mengobrol dengan mereka, menurut laporan WABetainfo.

Sebelumnya, WhatsApp hanya memungkinkan pengguna mengaktifkan status online untuk “semua orang” secara default. Jadi, siapa pun bisa melihat status “terakhir dilihat”. Dengan pembaruan kali ini, WhatsApp menghadirkan opsi baru yaitu untuk “kontak saya”, sehingga hanya orang di kontak pengguna saja yang bisa melihat status online tersebut.

“Kami mempersulit orang yang tidak Anda kenal dan belum mengobrol dengan tidak memperlihatkan ‘last seen’ dan tak memberi tahu kehadiran Anda yang sedang online di WhatsApp,” jelas WhatsApp, dikutip dari The Verge.

Sebagai informasi, opsi “kontak saya” untuk status “terakhir terlihat” kini sudah tersedia, namun tidak dalam bentuk default.

Sebelum itu, WhatsApp juga sudah punya opsi “nobody”, yang bisa mencegah semua pengguna melihat status online pengguna.

Diketahui, status online pengguna di WhatsApp memungkinkan kontak lain mengetahui kapan pengguna terakhir kali online, atau apakah sedang menggunakan aplikasi tersebut. Kendati status ini tampak tak berbahaya, WABetaInfo menunjukkan bahwa sejumlah aplikasi pihak ketiga mengadalkan status ini. Adapun mengaktifkan opsi “kontak saya” akan mencegah aplikasi pihak ketiga atau akun bisnis mengetahui status online pengguna lain, karena aplikasi tak ada di kontak pengguna. 

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :