Alexa.com Berhenti Beroperasi Tahun Depan

Addiction.id-Jakarta Alexa.com akan berhenti beroperasi pada Mei 2022 nanti. Untuk diketahui, situs yang dikelola oleh Alexa Internet ini telah menyediakan trafik data, ranking global, dan informasi lain terkait puluhan juta website di dunia selama dua dekade lebih.

“Dua puluh lima tahun lalu, kami mendirikan Alexa Internet. Setelah dua dekade membantu Anda semua menemukan, merangkul, dan mengubah audiens digital, kami membuat keputusan sulit untuk memensiunkan Alexa.com pada 1 Mei 2022,” tulis perusahaan melalui situs Alexa.com.

“Terima kasih telah menjadikan kami sumber andalan Anda untuk penelitian konten, analisis kompetitif, penelitian kata kunci, dan banyak lagi. Kami bangga melayani Anda,” sambungnya.

Alexa menambahkan pihaknya berhenti menawarkan langganan pada 8 Desember 2021 nanti. Adapun langganan yang sudah ada masih bisa punya akses hingga 1 Mei 2022. Selain itu, API Layanan Informasi Web (Web Information Service API) juga dihentikan pada 8 Desember 2022.

Sebagai infomasi, Alexa merupakan anak perusahaan dari Amazon.com. Alexa didirikan oleh perusahaan independen pada 1996 silam, namun diakusisi pada 1999 oleh Amazon.

Toolbar Alexa mengumpulkan data berupa kebiasaan berselancar penggunanya di internet dan mengirimkannya ke pusat data Alexa, di mana data-data tersebut disimpan dan dianalisis, sehingga menjadi dasar dari laporan traffic website yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggannya.

Saat ini, Aleza mencatat berbagai informasi 30 juta situs web yang terdaftar, mulai data traffic hingga ranking global atau nasional. Website ini sendiri dikunjungi lebih dari 8,8 juta orang per bulannya.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :