Antusiasme Peserta Makin Tinggi, Citra Pariwara 2021 Kembali Apresiasi Karya Terbaik

Addiction.id-Jakarta Rangkaian Citra Pariwara ke-34 baru saja selesai pada Jumat, 3 Desember 2021 lalu. Sebelumnya, ajang penghargaan periklanan terbesar di Indonesia ini sudah dimulai sejak dibukanya pendaftaran entri pada 13 September lalu. Adapun 2 hingga 3 Desember merupakan puncak acara, di mana ada Master Class dan Seminar serta Malam Penghargaan.  

Penyelenggaraan Citra Pariwara tahun ini merupakan apresiasi terhadap seluruh insan kreatif di Indonesia, khususnya di bidang periklanan. Mereka terus berkarya di tengah situasi yang penuh tekanan dan tak pasti, yang mungkin berisiko bagi kesehatan mental dan kejiwaan mereka. Berangkat dari hal inilah, Citra Pariwara mengangkat tema “Embrace (in)Sanity.”

Tak disangka, meski demikian situasinya, ajang tahunan ini mencetak rekor baru dengan jumlah entri terbesar sepanjang sejarahnya selama 34 tahun. Tercatat, ada 1772 entri yang mendaftar di tahun ini. Adapun hal ini menjadi bukti bahwa semangat insan industri kreatif masih membara meski di masa pandemi COVID-19 ini ada begitu banyak tantangan.  

Para panitia Citra Pariwara ke-34

Ketua Organizing Committee Citra Pariwara ke-34 Reza Fitriano mengungkapkan kebanggaan dan apresiasinya kepada seluruh pihak yang bersangkutan.

“Di tengah kesulitan dan tantangan yang dihadapi, insan kreatif Indonesia mampu membuktikan kebolehannya untuk tak terjebak dan berhenti berkarya,” tuturnya dikutip dari keterangan tertulis pada Jumat (3/12).

“Hal ini kami lihat melalui 1772 karya yang kami terima dari 103 perusahaan, karya-karya yang dihasilkan oleh pribadi-pribadi yang mampu meng-embrace insanity. Sisi insanity di setiap kita inilah yang terus membawa dampak bagi industri dan pastinya orang-orang di dalamnya,” sambung dia.

Lebih lanjut, di Malam Penghargaan pada Jumat, 3 Desember itu, pemenang kategori lomba utama di Citra Pariwara diumumkan.

Pemenang Creative Agency of The Year jatuh kepada Flock Creative Network (FCN)—yang juga memenangkan penghargaan yang sama pada tahun lalu. Selain itu, Lynxfilm meraih Craft House of The Year, lalu Dentsu Media merebut Media Agency of the Year, dan Goodstuph meraih Digital Agency of the Year. Sementara, untuk Advertiser of the Year tahun ini dimenangkan oleh PT Rekso Nasional Food.

Adapun penentuan pemenang itu berdasarkan hasil penjurian para juri papan atas dan berkaliber internasional, seperti Reed Collins, Chief Creative Officer APAC Ogilvy, Hongkong, Joji Jacob, Co-Founder & Creative Partner BLKJ, Singapore, Jung A Kim, Executive Creative Director Innocean Worldwide Seoul, Damisa Ongsiriwattana, Co-Founder Sour Bangkok, Thailand, Ajay Vikram, Chief Creative Officer Publicis, Singapore, Akae Wang, Executive Creative Director Tencent, Shenzhen China, Nikhil Panjwani, Creative Director BBH, Singapore, Aste Gutierrez, Creative Director Droga5, New York USA.

Ketua Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) DKI Jaya Elwin Mok menghaturkan selamat kepada seluruh pemenang. Ia juga berharap pencapaian tahun ini bisa membawa kejayaan untuk industri kreatif periklanan.

“Di saat yang penuh tantangan sekarang ini, insanity orang iklan dibutuhkan untuk menemukan terobosan kreatif sekaligus memberi solusi bagi para klien—yang diharapkan akan berkontribusi pada kebangkitan ekonomi. Our insanity makes the world stay sane for a lot of people,kata Elwin. “Dan semua pencapaian Citra Pariwara kali ini semoga menjadi pertanda perbaikan kondisi ekonomi di tahun yang akan datang.”

Sementara itu, Devi Attamimi, Co-chairwoman Citra Pariwara ke-34, menambahkan bahwa Citra Pariwara lebih dari sekadar ajang pemberian penghargaan. Acara ini juga merupakan wadah bagi talenta muda kreatif untuk menambah wawasan, ilmu, dan kemampuan melalui rangkaian Seminar dan Masterclass.

“Setidaknya lebih dari 1000 pendaftar yang mengikuti berbagai rangkaian Seminar dan Masterclass. Kami berharap apa yang disampaikan oleh para pembicara yang kami hadirkan mampu menjadi inspirasi untuk terus menghasilkan karyakarya yang memukau,” tutur Devi.  

Sebagai informasi, sebelum Malam Penghargaan digelar, Citra Pariwara menggelar Master Class pada 2 Desember dan Seminar pada 3 Desember, dari pagi hingga sore hari. Melalui dua rangkaian acara ini, para peserta bisa menimba ilmu dari para ahli di industri kreatif yang inspiratif, seperti Phannika Vongsayan dari Wolf BKK, Aste Gutierrez Droga5 New York, Dimas Djayadiningrat, Chandra Liow, Andi S . Boediman, Hazen Mardial, Nanda Ivens, Ivan Lanin, Handoko Hendroyono, dan masih banyak lagi.

Untuk diketahui, Citra Pariwara sendiri merupakan ajang tahunan yang digelar oleh P3I DKI Jaya. Pada tahun ini, gelaran dilakukan secara virtual. Meski digelar terbatas seperti ini, para finalis terundang semakin meningkatkan semarak puncak acara ini. Tercatat ada ribuan peserta yang menyaksikan Malam Penghargaan Citra Pariwara ke-34, termasuk melalui online maupun offline.

Adapun gelaran tahun ini bisa terlaksana lantaran didukung sejumlah sponsor, termasuk diantaranya TikTok For Business, GoPay, Superlive, BCA, dan masih banyak lagi.

“Penyelenggaraan Citra Pariwara ke-34 ini tidak akan bisa terlaksana tanpa dukungan dari seluruh pihak yang terlibat. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian, dukungan, dan kontribusi nyata bagi industri kreatif periklanan. Sukses terus untuk kita semua, dan sampai jumpa tahun depan!” tutup Reza. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :