Pentingnya Simplicity dalam Iklan

Addiction.id-Jakarta Simplicity dalam suatu kampanye iklan memanglah penting. Demikian tutur salah satu tokoh industri periklanan yang disegani di dunia, Aste Gutierrez—yang kini berkiprah sebagai Creative Director dan Writer di Droga5.

Kesimpulan itu Gutierrez ambil berdasarkan pengalamannya di industri periklanan selama belasan tahun dan di mancanegara, seperti di Asia Tenggara, Eropa, dan Amerika Serikat (AS). Menurutnya, iklan mana pun yang memenangkan penghargaan selalu memiliki simplicity.

“Semua karya yang memenangkan penghargaan festival mana pun selalu simple; punya simplicity. Mereka (agensi) bisa mengubah sesuatu yang simple menjadi sesuatu yang sempurna,” tuturnya saat di acara Seminar Citra Pariwara ke-34 pada Jumat, 3 Desember 2021.  

Simplicity itu bukan sekadar pesan kampanye bisa dimaknai dengan mudah oleh pemirsa, melainkan nilai-nilai seperti tujuan dan estetika juga perlu dipertimbangkan. “Selain itu, perlu diperhatikan pula konteksnya,” imbuh Gutierrez.

Ia kemudian mengatakan bahwa untuk membuat kampanye menjadi simple, orang kreatif harus bisa menyusun ide yang kompleks menjadi sesuatu yang sederhana. “Coba lihat kompleksitas, lalu buatlah jadi satu poin saja—ketimbang harus menyusun beberapa. Saya rasa, kalau Anda sudah bisa mendapat ide dan menyusunnya menjadi one line atau one strip, Anda bisa mulai mengeksekusinya,” terangnya.

Gutierrez juga mengingatkan bahwa pembuatan kampanye mesti selalu diawali dengan merumuskan: apa yang diharapkan dilakukan oleh pemirsa setelah melihat iklan. Dengan berbekal itu semua, kata dia, selanjutnya akan jauh lebih mudah jika fokus melakukan hal yang terbaik.

Lebih lanjut, pria yang kerap berkiprah di mancanegara ini berpesan untuk selalu mencari insight di mana pun berada. Ia sendiri mengaku mengandalkan pengalamannya dalam menciptakan suatu karya. “Entah ketika melakukan editing dan sebagainya,” tambahnya.

Selanjutnya, kepada orang kreatif yang tertarik bekerja di luar negeri, Gutierrez mengatakan bahwa itu hal yang gampang-gampang susah. “Kalian mesti memahami how to package, harus tahu compatibility hari ini, hingga mengetahui dan memahami situasi. Ini bisa tampak seperti game—selagi Anda punya capability di sini,” sambungnya.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :