Indonesia Pimpin Pertumbuhan Ekonomi Dunia

Addiction.id-Jakarta Indonesia menjadi negara dengan Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar ke-16 dari 20 negara anggota G20. Hal ini dikemukakan oleh Febrio Nathan Kacaribu, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Febrio menuturkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia selalu konsisten, bahkan semakin kuat dan strategis.  

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia itu dalam 20 tahun terakhir tidak pernah di bawah pertumbuhan ekonomi global, selalu kita tumbuhnya di atas pertumbuhan ekonomi global,” katanya saat di seminar daring bertajuk “Presidensi G20 – Manfaat Bagi Indonesia dan Dunia,” dikutip pada Senin (6/12).

Di samping Indonesia, ada dua negara lain yang pertumbuhan ekonominya selalu di atas pertumbuhan ekonomi dunia yaitu Cina dan India.

“Negara besar seperti Amerika, Prancis, Brazil, Jepang itu silih berganti mengalami masalah dengan perekonomiannya. Dalam waktu tertentu pertumbuhannya di bawah pertumbuhan ekonomi global. Jadi Indonesia, Cina, dan India memang leader untuk pertumbuhan ekonomi,” sambung Febrio.

“Indonesia dalam 15-20 tahun terakhir kita berada di sekitar 5%, kadang-kadang di atas 6%. Inilah model pertama kita yang jelas dilihat oleh banyak negara dan kita sadar akan keunggulan kita tersebut,” kata dia.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :