Jadi Pasar Industri Game Terbesar, Ini Upaya Pemerintah Indonesia

Addiction.id-Jakarta Saat ini, Indonesia menjadi pasar industri game terbesar di Asia Tenggara. Pun menjadi yang terbesar ke-17 secara global. Tercatat bahwa ada 52 juta penduduk yang merupakan gamer. Memang, di 2016 hingga 2020, industri ini di Tanah Air meningkat secara sinifikan dengan meraup pendapatan USD 1,1 miliar atau sekitar Rp 15,7 triliun.

Berangkat dari hal itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkolaborasi dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI). Mereka menghadirkan Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2021, dengan sejumlah program seperti IGDX Academy, IGX Business, IGDX Career dan IGDX Conference. Semua program ini dirancang untuk pelatihan, pengembangan, pendampingan dan perluasan jaringan untuk pelaku industri game di Indonesia—terutama untuk para developer game lokal.

Setelah kurang lebih empat bulan rangkaian itu digelar, rangkaian kegiatan IGDX 2021 ditutup pada 20 – 21 November lalu melalui acara bertajuk IGDX Conference. Mereka turut tokoh penting dari pemerintah dan pelaku industri ini, baik lokal maupun asing—yang berkaitan dengan perkembangan video game di Indonesia.

Acara itu juga menjadi puncaknya dengan menghadirkan sekitar 40 peserta, yang menunjukkan karya mereka secara virtual. Adapun 10 kontestan di antaranya merupakan partner dari universitas dan perusahaan game luar negeri.

I Nyoman Adhiarna, Direktur Ekonomi Digital Kominfo, menuturkan bahwa IGDX 2021 bisa menjadi pondasi untuk menciptakan industri game di Indonesia semakin membaik dari tahun ke tahun.

“Dengan harapan, selepas kegiatan IGDX 2021, para game developer Tanah Air akan naik level menjadi lebih baik, dari segi pengembangan produk maupun pengaturan entitas bisnis yang lebih profesional dan mumpuni,” tutur Adhiarna, dikutip pada Rabu (1/12).

Dia juga mengajak kepada seluruh teman-teman, yang berkecimpung di industri teknologi permainan dan game untuk terus berkarya, berinovasi, berkolaborasi, pro aktif mendukung. “Selain itu, memberi saran pada setiap program dan kegiatan Kominfo agar seluruh pelaku industri game lokal bisa menjadi pelaku-pelaku industri yang lebih baik dari hari ke hari. Menghasilkan produk-produk game berkualitas internasional. Lalu menjadi penguasa pangsa pasar industri game di negara kita tercinta, Indonesia,” lanjutnya.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :