Sempat Populer, Dubsmash Akan Dimatikan

Addiction.id-Jakarta Jauh sebelum TikTok, ada aplikasi serupa dengan nama Dubsmash. Aplikasi ini muncul pada 2014 lalu dan sempat populer di era tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu, popularitas aplikasi tersebut kian terkubur.  

Sebagai informasi, ketika popularitas TikTok kian mendulang, banyak perusahaan yang ingin membuat layanan video pendek yang serupa, termasuk Reddit. Reddit mengakuisisi Dubsmash pada 2020 lalu untuk menyaingi TikTok. Setelah diakuisisi, Dubsmash tetap terpisah dari Reddit. Namun, ada fitur yang diintegrasikan ke Reddit dan pengguna juga bisa menautkan link-nya.

Namun demikian, belum lama ini, Reddit mengumumkan bahwa Dubsmash akan dimatikan. Aplikasi ini nantinya tak akan lagi tersedia untuk Android dan iOS per Februari 2022.

Meski begitu, Reddit masih ingin menyaingi TikTok. Sebagai gantinya, Reddit akan mengintegrasikan fitur-fitur Dubsmash ke dalam aplikasinya sendiri.

“Sejak bergabung, tim Dubsmash telah bekerja untuk mengintegrasikan alat pembuatan video inovatif mereka ke dalam Reddit – dengan tujuan memberdayakan pembuat Reddit sendiri untuk mengekspresikan diri mereka dengan cara original yang otentik bagi komunitas kami,” jelas Reddit, dikutip pada Sabtu (27/11).

Dengan begitu, pengguna yang masih ingin menggunakan Dubsmash hanya perlu menggunakan aplikasi Reddit. Langkah ini juga menjadi cara Reddit untuk menarik pengguna baru ke platformnya. Beriringan dengan itu, Reddit juga menjanjikan fitur baru untuk pengguna. (LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :