Fitur “Tips” Twitter Sekarang Hadir di Android

Addiction.id-Jakarta Twitter merilis fitur tip untuk semua pengguna Android berusia di atas 18 tahun, menyusul peluncuran di iOS pada September lalu.

Perusahaan menjelaskan bahwa fitur “Tips” itu untuk pengguna yang ingin mendapat dukungan finansial dari pengikut mereka. Uang tip ini bisa dikirim melalui Cash App, PayPal, Venmo, dan Patreon secara langsung melalui aplikasi.

Pengguna Android sekarang bisa mengatur supaya bisa menerima tip dari profil mereka. Caranya, ketuk tombol “Edit profil” dan kemudian pilih “Tips” untuk memulai.

“Dengan Tips, kami memudahkan orang-orang untuk menautkan ke profil pembayaran Anda dan kami membuatnya lebih mudah untuk mendukung orang-orang yang mendorong percakapan di Twitter—entah untuk mendukung konten kreator, untuk membantu seseorang menggalang dana, untuk memberi tip kepada yang membutuhkan bantuan atau sekadar berterima kasih karena telah membuat Anda tertawa,” tulis perusahaan, dikutip dari TechCrunch.

Twitter memperkenalkan fitur tersebut pada Mei lalu, ketika perusahaan sedang mengembangkan opsi pembayaran langsung. Peluncuran “Tips” di Android sendiri dilakukan sebulan setelah perusahaan meluncurkan “Tips Spaces” di Android. Dengan fitur ini, host di ruang audio Twitter Spaces bisa menjual akses ke Spaces. Perusahaan mencatat bahwa fitur ini menjadi salah satu cara untuk mendukung konten kreator atas waktu dan upaya mereka, dalam menyelenggarakan dan memoderasi percakapan publik.

Sebagai informasi, Twitter bukanlah satu-satunya platform media sosial yang mendorong monetisasi dan membantu konten kreator mencari nafkah melalui platform. Bulan lalu, TikTok sedang menguji fitur pemberian tip dalam aplikasi di platformnya, yang memungkinkan konten kreator menerima uang dari penggemar di luar aliran TikTok LIVE. Perusahaan mengatakan fitur tersebut masih dalam tahap uji coba dan belum tersedia secara luas.

Fitur tip langsung TikTok dan Twitter tampaknya menjadi cara bagi mereka untuk bersaing dengan platform digital lain, seperti Instagram dan YouTube—yang menawarkan cara yang menguntungkan bagi konten kreator untuk menghasilkan uang.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :