Kini Remaja Lebih Pilih TikTok daripada Instagram

Addiction.id-Jakarta Pengguna internet remaja kini lebih memilih TikTok ketimbang Instagram. Hal ini berdasarkan hasil survei Forrester terhadap pengguna internet berusia 12-17 tahun di Amerika Serikat (AS).

Didapati bahwa 63% dari 4.602 responden menggunakan TikTok setiap minggu. Sementara yang menggunakan Instagram sebesar 57% responden. Data ini setidaknya menunjukkan bahwa TikTok kian populer di negara lain, utamanya di Negara Adidaya.

Hasil survei terbaru itu menunjukkan bahwa Instagram mengalami penurunan pengguna dari tahun sebelumnya. Diketahui, pada 2020, ada 61% yang menggunakan Instagram, sementara kini menjadi 57%. Adapun TikTok mengalami kenaikan, dari 50% di tahun lalu menjadi 63% di tahun ini.

Berangkat dari data itu, Wakil Direktur Riset Forrester Mike Proulx menuturkan bahwa TikTok menjadi media sosial pilihan Gen Z lantaran lebih menghibur, video pendek lebih beragam, dan komunitas yang positif.

“Kami mendengar dari anak muda Gen Z bahwa mereka melihat TikTok lebih lucu dan lebih positif dibandingkan platform media sosial lainnya,” ujar Proulx, dikutip baru-baru ini.

Ia menambahkan bahwa salah satu pembeda yang paling kuat ialah komunitas kreatornya. “Meski fitur dan fungsi TikTok bisa diambil oleh kompetitor, rasa kebersamaan adalah rahasia yang tak bisa disalin ke platform media sosial lain—tak peduli berapa banyak uang yang diberikan kompetitor sebagai ‘insentif’ kepada konten kreator,” lanjutnya.

Sementara itu, Instagram merilis fitur Reels pada tahun lalu, yang merupakan pesaing TikTok. CEO Meta Mark Zuckerberg sebelumnya mengatakan fitur ini menjadi fokus Instagram dan Facebook ke depannya. Di lain sisi, ia mengakui bahwa TikTok merupakan salah satu kompetitor paling besar yang pernah mereka hadapi.

Meski begitu, sebetulnya TikTok bukanlah platform media sosial terfavorit di kalangan Gen Z di AS. Justru posisi ini disandang oleh YouTube di tahun ini, dengan 72% pengguna internet remaja. Angka ini naik dari 69% pada 2020. Adapun, selain YouTube, Snapchat juga menjadi platform favorit pengguna  remaja, dengan 54% pengguna setiap minggu di tahun ini.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :