Semua Orang Bisa Lihat Data Spesifik Tentang “10 Judul Film Teratas” di Netflix

Addiction.id-Jakarta Netflix baru-baru ini meluncurkan situs “10 Judul Teratas di Netflix”. Ini akan menunjukkan film dan acara TV apa saja yang masuk ke daftar 10 peringkat teratas di platform, baik yang berbahasa Inggris maupun non-Inggris. Selain itu, akan ditampilkan pula sejumlah data yang mendukung peringkat di global atau di suatu negara secara spesifik—termasuk data total jam menonton dan jumlah mingguan.

Pengguna nantinya bisa melihat data itu kapan saja, dan melihat pula judul apa saja yang masuk dalam chart di suatu negara. Netflix bahkan memungkinkan pengguna mengunduh daftar itu dengan format Excel atau TSV jika ingin data mentah, dikutip dari Engadget.

Menampilkan peringkat judul seperti itu bukanlah hal yang mengejutkan. Diketahui, sejauh ini, Red Notice jadi film paling populer secara global berdasarkan waktu yang dihabiskan, dengan total 148,7 juta jam menonton dalam minggu pertama. Kemudian Yara menjadi judul non-Inggris yang paling banyak ditonton dengan hampir 18 juta tontonan. Selanjutnya, season baru Narcos: Mexico menduduki puncak daftar serial berbahasa Inggris dengan sekitar 50,3 juta jam setelah dua minggu, dan Squid Game menjadi serial TV non-Inggris terpopuler dengan 42,8 juta jam dan sembilan minggu di peringkat sepuluh besar.

Netflix menyadari bahwa metrik itu begitu mendukung film dan acara yang berdurasi panjang. Perusahaan berencana untuk “sesekali” menawarkan grafik khusus untuk memberi produksi populer di bidang tertentu, seperti dokumenter, yang durasinya lebih pendek. Namun, perusahaan mengatakan tak akan membeberkan jumlah orang yang telah menyelesaikan film atau serial tertentu. Pasalnya, perusahaan percaya jam penayanganlah yang relevan—entah pengguna menonton ulang atau bahkan tidak selesai menontonnya.

Dengan ditampilkannya metrik itu, pengamat bisa mengetahui lebih baik apakah penayangan suatu judul benar-benar sesuai dengan hype, atau negara mana yang mendorong permintaan. Di lain sisi, studio sendiri jadi menyadari bagaimana judul yang dirilis mereka, dan hal ini tentunya memungkinkan mereka untuk ‘mengoptimalkan’ line up sehingga bisa memastikan peringkat secara konsisten.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :