Difasilitasi Kominfo, Kini Startup Punya Peluang Bertemu Investor

Addiction.id-Jakarta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui program Hub.id membuka akses investasi untuk perusahaan rintisan atau startup. Diketahui, Hub.id sendiri ialah program dukungan Kominfo untuk mengembangkan startup di daerah.

Menkominfo Johnny G. Plate menuturkan bahwa Hub.id dirancang sebagai program business matchmaking, yang akan mempertemukan pelaku startup dengan pihak yang membutuhkan inovasi dan strategi bisnis yang sama.

Sekadar informasi, ada 43 startup yang lolos kurasi di program tersebut. Mereka terbagi ke dalam tujuh sektor bisnis, yaitu pertanian dan kemaritiman, pendidikan, kesehatan, pariwisata, logistik, keuangan, dan smartcity. Sebelumnya, mereka mengikuti serangkaian proses, akhirnya dipertemukan dengan para investor yang akan menyuntikkan dana.

Seluruh startup itu kemudian mengikuti puncak progam Hub.id, Demo Day Hub.id, pada 17-18 November 2021 di Jakarta.

“Melalui kegiatan Demo Day Hub.id ini saya mengharapkan agar startup digital mendapatkan komitmen investasi yang akan membantu peningkatan kemampuan mereka dalam memperluas layanan kepada masyarakat,” ujar Johnny, Rabu (17/11).

Selain itu, Hub.id juga membuka peluang bagi startup untuk memperoleh akses pendanaan kerja sama bisnis dan kemitraan. Hal itu berlangsung pada tahap speed mentoring, business matchmaking, networking, dan demo day atau sesi presentasi.

Startup terpilih itu dipertemukan dengan para investor dari venture capital atau angel investor, baik dalam maupun luar negeri. Tujuannya untuk meningkatkan peluang investasi bagi startup yang telah mengikuti rangkaian business matchmaking dengan para mitra Hub.id

“Untuk melengkapi usaha dalam penguatan bisnis startup tersebut, pada hari ini diundang investor-investor dari dalam dan luar negeri untuk mengenali inovasi dan model bisnis dari startup yang terpilih, serta memberi kesempatan untuk berinvestasi,” ujar Johnny.

Diketahui, selain Program Hub.id, Komifo juga memfasilitasi pelaku startup digital dengan mengadakan Sekolah Beta, 1.000 Startup Digital, dan startupstudio.id.

(LH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :